Andalkan WhatsApp sampai Tutup Jalan, Rahasia Kecamatan Bandung Bebas COVID

Pebriansyah Ariefana
Andalkan WhatsApp sampai Tutup Jalan, Rahasia Kecamatan Bandung Bebas COVID
Ketua RW Yudi Syafyuddin. (Suara.com/Cesar)

Meski tetap pakai masker dan jaga jarak.

SuaraJabar.id - Dua kecamatan di Kota Bandung, yakni Kecamatan Sumur Bandung dan Kecamatan Bandung Wetan, termasuk dalam 14 kecamatan lainnya dinyatakan bebas dari Covid-19.

SuaraJabar.id berani ke kecamatan itu karena di sana bebas virus corona. Meski tetap pakai masker dan jaga jarak.

Bagaimana mereka bebas terbebas dari Covid? Daerah pertam yang kami datangi di Jalan Tongkeng, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung.

Ditemui di kediamannya, Ketua RW 6, Puji Astuti, dan warganya sudah mengetahui jika wilayah mereka tinggal termasuk wilayah yang bebas dari pasien positif aktif.

"Kita semenjak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diterapkan pemerintah, kita ikuti aturan yang ada," kata Puji, Jumat (24/7/2020)

Peraturan yang dimaksud, yakni mulai dari penutupan jalan, kemudian menjalani pola hidup sehat, menerapkan sosial distancing, hingga dengan pemberlakuan pengecekan kesehatan.

"Kita juga sosialisasi menyiapkan cuci tangan di setiap rumah yang di siapkan di pintu masuk, kemudian pendataan warga luar yang masuk, untuk kita laporkan dari kelurahan bahkan kecamatan,"ucapnya.

Ketua RW 6, Puji Astuti. (Suara.com/Cesar)
Ketua RW 6, Puji Astuti. (Suara.com/Cesar)

"Kita juga bikin grup WhatsApp. Untuk antar RT di sini. Fungsinya, untuk kordinasi sosialisasi terhadap masyarakat. Dan alhamdulillah, masyarakat mengikuti aturan kita," imbuhnya.

Penelusuran kedua, SuaraJabar.id menyambangi RW 1 di Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan. Senada dengan Puji, Ketua RW Yudi Syafyuddin mengatakan pihaknya pun selalu mengedepankan protokol kesehatan.

Meski lokasi RW-nya berada dekat dengan pasar, yakni Pasar Cihapit, protokol kesehatan, ungkap Yudi, dilaksanakan dengan baik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS