alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BTS Dapat Penghargaan Namun Hyundai Malahan Hapus Iklan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Selasa, 13 Oktober 2020 | 10:20 WIB

BTS Dapat Penghargaan Namun Hyundai Malahan Hapus Iklan
Hyundai x BTS [Hyundai].

BTS baru saja mendapatkan penghargaan dari organisasi asal Amerika Serikat.

SuaraJabar.id - BTS, boyband kenamaan asal Korea Selatan baru saja dikritik habis di China. Pasalnya, salah satu personel grup ini melontarkan pernyataan kontroversial. Ujung-ujungnya, iklan produk otomotif Hyundai pun ikut dihapus.

Kejadiannya, BTS menerima penghargaan dari sebuah organisasi asal Amerika Serikat untuk kontribusi mereka dalam mempererat relasi antara Korea Selatan dengan Negeri Paman Sam.

Nah, dalam kesempatan itu, salah satu anggota personel group yang memiliki fans berjuluk BTS ARMY itu memberikan pidato tidak mengenakkan.

Dalam konteks dengan hari kemerdekaan Korea, salah satu group member BTS menyebutkan "sejarah pedih" yang dirasakan masyarakat Korea Selatan serta Amerika Serikat.

Baca Juga: Tak Sekadar Jadi Ide, Hyundai Berniat Suguhkan Mobil Transformer

Hyundai dan BTS Luncurkan Hyundai IONIQ [Hyundai via ANTARA/HO].
Hyundai dan BTS Luncurkan Hyundai IONIQ [Hyundai via ANTARA/HO].

"Acara Gala 2020 ini sangat berarti bagi kami, masyarakat Korea. Tahun ini, kami menandai peringatan 70 tahun Perang Korea. Kami akan selalu mengingat sejarah penderitaan yang dialami oleh kedua negara dan pengorbanan banyak lelaki dan perempuan," demikian bunyinya antara lain, seperti dikutip Suara.com, jaringan dari SuaraJabar.id, dari All K-Pop.

Di bagian inilah, komentar BTS itu memicu perdebatan sengit di media sosial China. Pasalnya Perang Korea melibatkan dua kubu, yaitu pihak Korea Selatan-Amerika Serikat, kontra Korea Utara-China.

"Kalau begitu seharusnya mereka tidak mencari makan di China," komentar seorang netizen yang marah-marah di platform Weibo.

"Jika ingin dapat duit dari penggemar BTS asal China, boyband ini harus mempertimbangkan perasaan negara kami," sambung netizen lainnya.

Sebagai catatan, saat ini hubungan diplomatik antara China dan Amerika Serikat memang tengah genting-gentingnya. Yaitu mulai strategi perang dagang, sampai rekayasa virus Corona yang disebarkan Negeri Tirai Bambu secara sengaja.

Baca Juga: Hyundai RM20e, Mobil Balap Listrik di Beijing Auto Show 2020

Kritik-kritik menyerang BTS ini akhirnya membuat beberapa merek global yang terikat kerja sama menghilang dari akun resmi Weibo. Antara lain adalah merek mobil Hyundai, FILA, dan Samsung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait