alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenali Manfaat Luar Biasa Singkong Untuk Kesehatan

Risna Halidi | Luthfi Khairul Fikri Sabtu, 24 Oktober 2020 | 11:50 WIB

Kenali Manfaat Luar Biasa Singkong Untuk Kesehatan
Ilustrasi singkong. (Pixabay/Dian A. Yudianto)

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, singkong dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan.

SuaraJabar.id - Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mudah ditemui di Indonesia. Sayangnya singkong memiliki citra sebagai makanan kampung.

Padahal singkong terbukti mengandung beta karoten, senyawa organik yang baik bagi tubuh. Singkong juga masuk sebagai sumber pangan lokal berkualitas.

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, singkong dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan seperti yang telah dirangkum dari Alodokter.com berikut ini!

Menambah energi
Singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram singkong, terkandung 110-150 kalori. Jumlah kalori ini lebih tinggi daripada kalori pada umbi-umbian jenis lain seperti kentang dan ubi. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan energi ekstra untuk menjalani aktivitas sehari-hari jika mengonsumsi singkong.

Merupakan sumber serat dan karbohidrat kompleks
Selain kalori, singkong juga kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Kedua nutrisi ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengendalikan kadar gula darah. Bila kadar gula darah terkendali, risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan obesitas juga akan lebih rendah.

Memiliki kandungan antioksidan yang baik
Manfaat singkong lainnya bisa didapat dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten di dalamnya. Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi kerutan di kulit.

Sementara beta-karoten berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kekambuhan gejala asma, mengurangi risiko kanker, serta baik untuk kesehatan kulit dan mata. Asupan nutrisi ini juga dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Selain manfaat di atas, singkong juga diklaim dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi kelelahan, diare, infeksi, masalah kesuburan, dan menginduksi persalinan. Kendati demikian, manfaat singkong sebagai obat alternatif ini belum terbukti secara medis.

Fakta Sebelum Dikonsumsi Singkong
Meski ada banyak manfaat, Anda juga perlu mengonsumsi singkong dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait tanaman ini:

Singkong mengandung zat kimia yang disebut glikosida sianogen. Bahan kimia ini dapat melepaskan sianida di dalam tubuh. Oleh karena itu, singkong harus diolah dengan benar sebelum dimakan untuk mencegah keracunan sianida.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait