alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Siapa Sesungguhnya yang Disindir Lonte Oleh Habib Rizieq?

Siswanto | Novian Ardiansyah Senin, 16 November 2020 | 11:42 WIB

Siapa Sesungguhnya yang Disindir Lonte Oleh Habib Rizieq?
Habib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). [ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal]

Ceramah Habib Rizieq untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan penggalan videonya viral di media sosial.

SuaraJabar.id - Dalam salah satu ceramah yang berlangsung pada Sabtu (14/11/2020), Habib Rizieq Shihab beberapa kali menyebut term lonte dan sudah dapat diduga bakal memicu perdebatan.

Istilah tersebut disebut Habib Rizieq kemungkinan besar karena dia tersinggung dengan kritik seorang public figure terhadap kerumunan massa yang menyambut kepulangannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 10 November 2020 lalu.

"Sepertinya kata lonte itu ingin menyindir sosok tertentu yang dikenal dengan cibiran lonte. Semacam berbalas pantun saling cibir," ujar analis politik dari Universitas Islam Negeri  Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, kepada Suara.com, Senin (16/11/2020).

Sasaran ucapan tersebut, menurut Adi, bukan hanya seorang public figure, melainkan juga kalangan yang sependapat dengan public figure.

Baca Juga: Giliran Kiki The Potters Sebut Nikita Mirzani Lonte dan Main Dukun

"Kata lonte bukan hanya menyasar satu orang, tapi menyasar orang-orang yang mendukung sosok yang disebut lonte itu," kata Adi.

Ceramah Habib Rizieq untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan penggalan videonya viral di media sosial.

"Ada lonte hina habib? Pusing pusing! Ampe lonte ikut-ikutan ngomong iyee," kata Habib Rizieq dilansir dari tayangan YouTube Front TV, Minggu (15/11/2020).

Ucapan tersebut disambut gemuruh jamaah. "Saudara, lanjut jangan?" kata Habib Rizieq yang kemudian dijawab jemaah, "lanjut."

"Tapi jangan berisik dong," kata Rizieq.

Baca Juga: Kiki The Potters: Nikita Mirzani Lonte, Main Dukun, Musyrik, Na'udzubillah!

Habib Rizieq baru pulang dari Arab Saudi pada 10 November setelah 3,5 tahun hidup dalam pengasingan di Arab Saudi. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait