alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

"Isolated Garden" Karya Seniman Bandung Juarai Kompetisi Lukis Nasional

Eko Faizin Minggu, 22 November 2020 | 09:39 WIB

"Isolated Garden" Karya Seniman Bandung Juarai Kompetisi Lukis Nasional
Salah satu karya pemenang UOB Painting of the Year 2020 yang bertajuk "Isolated Garden" [Antara/ Ganet Dirgantoro]

Ia menceritakan karya lukisnya itu merefleksikan tema solidaritas dengan menggambarkan kesadaran untuk menjaga jarak di tengah pandemi yang tengah berlangsung.

SuaraJabar.id - UOB Painting of the Year kembali digelar tahun ini. Pada gelaran kali ini karya lukis diwarnai tema wabah Covid-19. Tema ini berupa ungkapan keprihatinan maupun optimisme dalam menghadapi pandemi ini.

Seperti pemenang dari kompetisi ini, Prabu Perdana, seniman asal Bandung tersebut menciptakan lukisan bertemakan "Isolated Garden" atau taman yang terisolasi.

Melansir Antara, Prabu menceritakan karya lukisnya itu merefleksikan tema solidaritas dengan menggambarkan kesadaran untuk menjaga jarak di tengah pandemi yang tengah berlangsung.

Karya-karya mereka ke depannya bisa menjadi peninggalan untuk mengingatkan kepada generasi penerus bahwa di Indonesia pernah terjadi wabah yang mempengaruhi kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi.

Seniman berusia 36 tahun ini menerangkan mengenai lukisan yang dibuatnya lebih menekankan pentingnya kebersamaan dan persatuan, bahkan saat kita memperoleh kekuatan dari kesendirian di tengah jarak sosial untuk mengatasi pandemi ini.

Hal ini juga melambangkan harapan bahwa di tengah ketidakpastian yang disebabkan Covid-19, kita harus tetap tangguh dalam solidaritas untuk menghadapi masa depan.

Prabu mengatakan sebagai perupa profesional, dirinya merasa terhormat memenangkan penghargaan ini dan berharap dapat mewakili Indonesia untuk bersaing mendapatkan penghargaan di tingkat Asia Tenggara.

Prabu mengaku kalau dirinya terus mengikuti perkembangan kompetisi ini dan tahun ini merupakan keempat kalinya berpartisipasi. Kemenangan ini sangat berkesan bagi karena momentum ini berlangsung di tengah pandemi global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Karya seni Prabu Perdana telah memberi kesan tersendiri bagi para juri yang terdiri dari para praktisi seni rupa Indonesia, yaitu Dr Agung Hujatnikajennong, kurator seni independen dan dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung; Asikin Hasan, kurator Salihara dan anggota Dewan Kurator Galeri Nasional Indonesia; dan Ay Tjoe Christine, salah satu perupa wanita kontemporer terkemuka di Indonesia yang karyanya telah dipamerkan di Asia, termasuk retrospektif besar di Museum of Contemporary Art di Kanazawa, Jepang pada 2018.

Sebagai pemenang kompetisi, Prabu Perdana mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 250 juta. Karya seninya akan bersaing dengan pemenang dari Malaysia, Singapura dan Thailand untuk penghargaan UOB Southeast Asian Painting of the Year yang akan diumumkan pada 3 Desember 2020.

Komentar

Berita Terkait