alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Toyota GR Yaris, Keturunan WRC yang Siap Mengaspal di Jalan Raya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Kamis, 03 Desember 2020 | 11:55 WIB

Toyota GR Yaris, Keturunan WRC yang Siap Mengaspal di Jalan Raya
Toyota GR Yaris piawai di trek jalan raya maupun medan off-road [Toyota Thailand].

Kental nuansa sport, "induknya" adalah mobil reli dunia, WRC. Bagaimana tak garang?

SuaraJabar.id - Tampilan mobil reli, atau rally car, alias World Rally Car (WRCar) tak jarang membuat jatuh hati. Tangguh di medan non-aspal atau trek off-road, tampilannya sudah pasti kental aroma sport pula. Tim motorsport Gazoo Racing (GR), divisi balap Toyota Motor Corporaton menggarap  Toyota GR Yaris, dan hasilnya diluncurkan Toyota Motor Thailand (TMT) dalam ajang Thailand International Motor Expo 2020.

Dikutip dari kanal otomotif Suara.com, jaringan SuaraJabar.id, produk ini  dibanderol 2,7 juta baht atau sekira Rp1,2 miliar.

Menengok sosoknya, tak perlu diragukan lagi. Inilah passenger car yang memiliki DNA rally car atau mobil reli. Maklum, Toyota Motor Corporation adalah pemain lama di ajang World Rally Championship (WRC) dan berjaya dengan Toyota Celica. Turunan desainnya ada pada si Toyota GR Yaris ini.

Toyota GR Yaris  yang memiliki DNA mobil reli (rally car) masa kejayaan Toyota Celica di pentas reli dunia, World Rally Championship [Toyota Thailand].
Toyota GR Yaris yang memiliki DNA mobil reli (rally car) masa kejayaan Toyota Celica di pentas reli dunia, World Rally Championship [Toyota Thailand].

Dalam keterangan di website Toyota Thailand seperti dikutip Suara.com, Toyota GR Yaris didesain bisa dikendarai di jalan raya atau jalan umum dan medan non-aspal.  Dan kesan sporty  pada mobil tidak ditanggalkan. Apalagi ada label "GR" alias Gazoo Racing yang sudah pasti menjanjikan nuansa dinamis serta kencang.

Baca Juga: Kado Tahun Baru, Thailand Siapkan Insentif Tukar Tambah untuk Mobil Listrik

Untuk mempertahankan kesan sporty, Toyota GR Yaris didesain hanya memiliki tiga pintu: dua kiri dan kanan, serta satu di bagasi atau hatchback. Secara dimensi 55 mm lebih panjang dari Toyota Yaris versi standar, lebih lebar 60 mm, dan ground clearence dibuat lebih pendek, yaitu 45 mm dari muka tanah.

Tidak ketinggalan, bagian body dirancang sesuai regulasi aerodinamika yang ditetapkan WRC. Atau disebut sebagai WRCar.

Sementara dipetik dari Toyota Euro Newsroom, contoh dari rancangan selaras tunggangan WRC adalah reduksi bobot kendaraan yang turut menjadi kunci tunggangan lincah melejit di trek.

Yaitu penggunaan material ringan pada struktur body, termasuk aluminium dan komposit karbon tempa untuk bagian atap. Hasil dari penghematan berat kendaraan ini menghasilkan rasio power-to-weight 4,9 kg per 1 DIN dk. Sedangkan bobot kosong  cuma  1.280 kg.

Lalu ada juga beberapa fitur standar, termasuk jok kulit, lingkar kemudi berbalut kulit, layar multi-info TFT 4,2 inci, dan dual-zone climate control. Tersemat juga fitur keselamatan Toyota Safety Sense.

Baca Juga: All-New Toyota Yaris Hybrid Bakal Lakukan Rebadge untuk Gantikan Mazda2?

Untuk urusan tenaga, Toyota GR Yaris mengandalkan mesin G16E-GTS 3 silinder segaris, 1.6L turbocharged DOHC 12-katup. Bekal ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 261 daya kuda dan torsi puncak 360 Nm. Top speed adalah 230 km per jam, dengan akselerasi 0 -100 km per jam dalam 5,5 detik.

Sementara di sektor gerak, disematkan Intelligent Manual Transmission 6-percepatan manual, dengan transmisi gerak GR Four All-Wheel Drive (AWD).

Pengguna bisa memilih satu di antara tiga mode berkendara sesuai dengan kondisi jalan raya dan gaya mengemudi. Yaitu mode Normal, Sport, dan Track.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait