alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemerintah Jerman akan Bebaskan Habib Rizieq? Ini Faktanya!

Ari Syahril Ramadhan | Chyntia Sami Bhayangkara Selasa, 22 Desember 2020 | 11:01 WIB

Pemerintah Jerman akan Bebaskan Habib Rizieq? Ini Faktanya!
Imam besar FPI Habib Rizieq Shihab menggunakan baju tahanan usai diperiksa penyidik Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020) dini hari. [Suara.com/Alfian Winanto]

Akun tersebut membagikan video Youtube berjudul 'Mengejutkan! Berita Hari Ini, Prabowo, Kedubes Jerman, Bebaskan Habib Rizieq FPI, Polisi Kapolri'.

SuaraJabar.id - Sebuah kabar terbaru mengenai pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab beredar di media sosial. Habib Rizieq diberitakan akan mendapat bantuan dari Pemerintah Jerman dan sejumlah pihak lainnya terkait masalah hukum yang kini menjeratnya.

Klaim tersebut terbuat dalam sebuah artikel berita yang diunggah di Facebook yang menyebut Kedubes Jerman dan Prabowo berupaya mengeluarkan Habib Rizieq dari penjara. 

Narasi itu diunggah oleh akun Facebook bernama Denny Rifandie. Akun tersebut membagikan video Youtube berjudul 'Mengejutkan! Berita Hari Ini, Prabowo, Kedubes Jerman, Bebaskan Habib Rizieq FPI, Polisi Kapolri'.

Berikut narasi yang diunggah oleh akun tersebut:

Baca Juga: Perkembangan Terakhir Kasus Pelanggaran Prokes Habib Rizieq di Kepolisian

"Ketika TV mainstream tidak bisa diandalkan sebagai sumber informasi yang kredibel, YouTube jadi alternatif yang lengkap dan informatif".

Benarkah klaim tersebut?

Fakta Jerman siap bantu bebaskan Rizieq Shihab (Turnbackhoax.id)
Fakta Jerman siap bantu bebaskan Rizieq Shihab (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (22/12/2020), klaim yang menyebutkan pemerintah Jermab siap bantu bebaskan Rizieq Shihab adalah klaim yang salah.

Setelah ditelusuri, tidak ada satupun artikel pemberitaan dari media manapun yang melaporkan pemerintah Jerman siap bantu membebaskan Imam Besar FPI itu.

Baca Juga: Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, Bagaimana Perkembangan Pengusutan Polisi?

Kedatangan diplomat Jerman ke markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat merupakan inisiatif pribadi, bukan utusan resmi dari Kedubes Jerman.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait