alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Marak Aplikasi Kencan, Ini Tips dari Pakar Agar Tak Tertipu

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 23 Januari 2021 | 14:14 WIB

Marak Aplikasi Kencan, Ini Tips dari Pakar Agar Tak Tertipu
Ilustrasi pengguna aplikasi kencan online. [Shutterstock]

Ada yang perlu dipersiapkan sebelum memanfaatkan aplikasi kencan daring untuk menemukan pasangan hidup

SuaraJabar.id - Belakangan tren mencari pasangan kencan melalui aplikasi atau daring lagi diminati masyarakat. Hal itu sebagai upaya untuk mencari pasangan hidup.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, kita tidak dianjurkan untuk menemui orang yang sebelumnya tidak dikenal. Layanan aplikasi atau online menjadi alternatif untuk mencari pasangan. 

Psikolog klinis Pingkan Rumondor menyarankan Anda mempersiapkan sejumlah hal sebelum memanfaatkan aplikasi kencan daring untuk menemukan pasangan hidup, terutama bagi para pemula.

"Ada beberapa hal yang perlu Anda established dulu sebelum Anda mencoba (aplikasi kencan). Pertama, tahu tujuan kita apakah mencari teman baru, hubungan enggak long lasting atau mau mencari yang untuk long term bisa lanjut ke pernikahan," ujar Pingkan dilansir dari ANTARA, Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga: Sudah Mirip Skripsi, Wanita Ini Suruh Pria di Tinder Isi Kuesioner Kencan

Saat ini ada beragam aplikasi kencan yang tersedia dengan fitur berbeda-beda. Carilah aplikasi yang bisa mendukung tujuan Anda, misalnya memfasilitasi pertanyaan-pertanyaan yang penting untuk Anda.

Apabila Anda berencana mencari pasangan yang bisa berlanjut ke pernikahan, sebaiknya tentukan kriteria yang spesifik. Misalnya, sosok yang baik, tentukan indikator sifat-sifat yang menurut Anda sesuai dengan "baik". Anda bisa saja memaknai "baik" itu dengan suka mendengarkan dan sebagainya.

"Seringkali orang menjawab 'Ingin yang baik, setia, beriman'. Supaya efektif, tentukan kriteria spesifik yang menjadi indikator sifat-sifat itu. Misalnya, orang baik itu menurut saya yang mendengarkan," tutur Pingkan.

Anda bisa mulai dengan membangun pertemanan, menyortir sosok-sosok yang sesuai dengan nilai-nilai hidup yang Anda punya. Tidak ada salahnya Anda memprioritaskan orang-orang yang menunjukkan minat dan usaha lebih ketimbang yang sebatas menyapa dengan kata "hai".

Pingkan merekomendasikan Anda tidak menanggapi semua orang yang mengajak berkenalan untuk meminimalisir overload pilihan yang berujung menyusahkan Anda memilih.

Baca Juga: Ini Deretan Tren Kencan Tahun 2021, Ternyata LDR Makin Diminati!

Tentukan filter diri Anda dan jangan tanggapi orang-orang yang tidak sesuai dengan value Anda sekaligus meminimalisir terbawanya Anda ke dalam hubungan berbahaya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait