alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Syarat Pendaftaran Program Petani Milenial untuk 5000 Anak Muda Jawa Barat

Rifan Aditya Jum'at, 29 Januari 2021 | 13:25 WIB

Syarat Pendaftaran Program Petani Milenial untuk 5000 Anak Muda Jawa Barat
Syarat pendaftaran program petani milenial Jawa Barat (instagram @ridwankamil)

Berikut ini adalah syarat pendaftaran program petani milenial yang dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.

SuaraJabar.id - Anda sedang mencari pekerjaan di tengah pandemi virus corona ini? Mungkin lowongan program petani milenial ini dapat membantu kalian. Simak syarat pendaftaran program petani milenial berikut ini.

Petani milenial dianggap mempunyai peran yang sangat penting untuk saat ini, karena untuk melanjutkan pembangunan di sektor pertanian dibutuhkan dukungan dari SDM pertanian yang maju, mandiri, dan juga modern. Dalam upaya untuk mewujudkan petani milenial, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyediakan ribuan hektar lahan untuk diolah petani milenial dan menjadi sumber penghasilan yang lebih baik daripada di kota.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, rencananya Pemprov Jabar akan menyiapkan lahan 4 ribu hektare di Kabupaten Subang yang siap digunakan untuk petani milenial. Kang Emil berharap program itu mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah untuk menciptakan swasembada pangan di Jabar.

Syarat Pendaftaran Program Petani Milenial

Baca Juga: Syarat Cuma Ngekos, Kang Emil Siapkan Kembang Desa untuk 5 Ribu Anak Muda

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, bahwa pemerintah Provinsi Jabar menyiapkan lahan pertanian untuk dikelola oleh 5.000 petani milenial. Dalam unggahan di Instagram Kang Emil memberikan sedikit penjelasan tentang kriteria dan syarat pendaftaran program petani milenial.

"DICARI 5000 ANAK MUDA JAWA BARAT YANG MAU BELA NEGARA DENGAN MENJADI PETANI 4.0," tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya.

Syarat pendaftaran program petani milenial di Jawa Barat yang akan segera dibuka ini cukup sederhana dan bisa diikuti oleh anak muda di berbagai wilayah.

"Syaratnya mau berkeringat, dan syarat wajib tinggal di desa, jangan ingin programnya saja tapi tinggal di kota," kata Kang Emil. 

Berikut ini adalah syarat pendaftaran program petani milenial yang dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Xpander Halangi Ambulans, Netizen: Mobil Kredit Jangan Belagu!

  • Pendaftar memiliki semangat untuk mengembangkan produk pertanian di desa.
  • Wajib tinggal di desa untuk mengelola lahan tersebut. Sehingga harapannya mereka tidak lagi mencari pekerjaan di kota.
  • Petani milenial itu hanya cukup bekerja menanam dan merawat tanamannya agar tumbuh baik, kemudian diberi pinjaman modal
  • Hasil pertaniannya akan dibeli oleh PT Agro Jabar. Kaum milenial memang harus siap untuk menggarap lahan pertanian setelah disuntik modal dan disiapkan lahan.
  • Mereka juga akan mendapatkan bimbingan dari Agro Jabar, BUMD milik Pemprov Jabar.

Pemprov Jabar siap meluncurkan program petani milenial, dan dibutuhkan ribuan anak muda yang siap tinggal di desa untuk menggarap lahan pertanian. Rencananya program petani milenial akan dibuka mulai bulan Februari 2021.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait