alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menuai Cuan dari Tanaman Hias yang Naik Daun

Suhardiman Minggu, 04 April 2021 | 11:07 WIB

Menuai Cuan dari Tanaman Hias yang Naik Daun
Yayan, Penjual Tanaman Hias Tengah Memperlihatkan Koleksinya. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Di lahan yang terbatas hasil sewanya, ada tanaman kelas indor dan outdor yang ia miliki.

SuaraJabar.id - Tanaman hias menjadi koleksi yang tengah naik. Trennya semakin naik seiring mewabahnya pandemi Covid-19. Bahkan harganya ada yang sampai puluhan juta.

Tren ini membuat sebagian tanaman hias dipandang sebagai barang mewah lantaran harganya yang di luar nalar, sampai-sampai menjadi incaran para pencuri.

Seperti yang pernah dialami Yayan Taryana (42), penjual tanaman hias di Jalan Kolonel Mastui, Desa Cihideung, Kecamatan Paropong, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dua kali sudah tempat usahanya disantroni maling.

"Di tempat saya 2 kali ada pencurian bunga. Untung yang murah diambilnya, gak dilaporin," kata Yayan kepada Suara.com, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga: Kalimantan Barat Berangkatkan 67 Atlet ke PON Papua 2021

Khawatir kejadian serupa terulang, kemudian Yayan memasang kamera pengawas atau CCTV di sekitar kios tanaman hiasnya. Sejak saat itu, maling tak pernah lagi menyantroni tempatnya berjualan.

"Dipasang CCTV, alhamdulillah gak ada lagi. Tempat lain saya denger ada juga kejadian pencurian," ujarnya.

Yayan tak memungkiri tanaman hias saat ini tengah naik trennya. Apalagi ketika pandemi Covid-19 mewabah. Hal itu menurutnya pencurian tanaman terjadi.

"Mungkin lagi ramai juga, ditambah pelaku frustasi jadi melakukan pencurian," katanya.

Di lahan yang terbatas hasil sewanya, ada tanaman kelas indor dan outdor yang ia miliki. Seperti jenis philodendron anthurium, begonia calathea, alokasia, kaladium dan sebagainya untuk indor.

Baca Juga: Banjir Bandang Landa Flores Timur, 5 Orang Tewas, Puluhan Rumah Tertimbun

Untuk outdor ada seperti buah-buahan, tanaman merambat, semak berbunga seperti mawar, rumput-rumputan, palem dan pepohonan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait