alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Biar Puasanya Kuat, Hindari Makanan Ini selama Bulan Ramadhan

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 13 April 2021 | 12:11 WIB

Biar Puasanya Kuat, Hindari Makanan Ini selama Bulan Ramadhan
Ilustrasi sajian seblak pedas. [Shutterstock]

Jangan dulu makan seblak pedas selama bulan Ramadhan.

SuaraJabar.id - Seorang Muslim dituntut memiliki fisik yang prima ketika menjalani rangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan.

Sebab seharian Anda akan menahan lapar dan haus. Namun, dengan berpuasa tentunya ada perubahan pola makan yang membuat yang membuat tubuh lebih dengan terkena penyakit.

Ada sejumlah penyakit yang patut diwaspadai umat muslim saat memasuki bulan puasa Ramadhan ditengah pandemi Covid-19. Hal ini bisa terjadi karena ada banyak kebiasaan berbeda dari hari-hari biasanya yang harus dilakukan pada saat menjalankan ibadah puasa.

Ketua Ikatan Dokter Indonesis (IDI) Cabang Kota Cimahi Zakaria Anshori menerangkan, biasanya 10 hari pertama puasa data tahan tubuh akan sedikit menurun sebab masih menyesuaikan dengan pola makan baru.

Baca Juga: 22 Tahun Bersama, Pilunya Teddy Syah Ramadhan Pertama Tanpa Rina Gunawan

"Daya tahan tubuh kita akan sedikit menurun karena masih menyesuaikan diri, tapi setelah itu akan terbiasa," kata Zakaria saat dihubungi Suara.com, Selasa (13/4/2021).

Dirinya memaparkan, ada sejumlah penyakit yang sering muncul saat bulan puasa. Di antaranya penyakit yang berhubungan dengan pencernaan yakni lambung. Untuk mencegahnya, cukup dengan menghindari makan-makanan yang dapat merangsang naiknya asam lambung seperti makanan pedas.

"Seperti asam dan pedas. Makanan yang harus dihindari seperti pedas, asam. Jangan dulu makan seblak yang pedas," imbuh Zakaria.

Kemudian penyakit lain yang kerap muncul saat bulan Ramadan adalah penyakit pernafasan atas, seperti batuk, pilek hingga sakit tenggorokan. Apalagi saat ini tengah terjadi perubahan musim atau pancaroba.

"Jika sudah ada gejala sakit tenggorokan, maka disarankan tidak meminum es ketika berbuka puasa, makan sahur dengan empat sehat lima sempurna, menjaga aktivitas, dan menjaga protokol kesehatan," terang Zakaria.

Baca Juga: Tradisi Ramadhan di Pagaralam, Warga Turun ke Tebat Tujuh Beku Tangkap Ikan

Untuk menghindari berbagai penyakit tersebut, Zakaria menyarankan untuk selalu mengkonsumsi makan sayur, buah, kurma (sunnah rosul).

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait