alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkab Garut Ubah Apel Jadi Tausiah selama Ramadhan

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 13 April 2021 | 18:18 WIB

Pemkab Garut Ubah Apel Jadi Tausiah selama Ramadhan
ASN Kabupaten Garut menggelar upacara rutin. [Antara]

Upacara diganti jadi tausiah selama Ramadhan bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan dan wawasan keagamaan.

SuaraJabar.id - Ada pemandangan berbeda di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Garut di bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah pada tahun 2021 ini.

Jika biasanya aparatur sipil negara (ASN) menggelar apel atau upacara tiap pagi, kegiatan itu kini diganti dengan tausiah selama bulan Ramadhan.

Tujuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengganti apel dengan tausiah adalah untuk meningkatkan ketakwaan dan wawasan keagamaan.

"Tidak ada lagi apel, tapi digunakan untuk kegiatan tausiah Ramadhan di masing-masing dinas," kata Bupati Garut Rudy Gunawan melalui siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Kisah Guru Agama di Banyumas Ajak Siswanya Nyantri Virtual Saat Ramadhan

Ia menuturkan Pemkab Garut selama Ramadhan melakukan penyesuaian agenda rutin bagi ASN, salah satunya apel gabungan yang biasanya setiap waktu dilaksanakan di lapangan sekretariat daerah, Jalan Pembangunan.

Selain apel gabungan, kata dia, jam kerja bagi ASN Pemkab Garut juga diubah atau ada pengurangan waktu kerja selama Ramadhan guna memberikan kenyamanan bagi ASN dalam melaksanakan ibadah puasa.

"Masuknya jadi jam 8, keluarnya jadi jam 15.00, jadi ada pengurangan jam kerja, dan ini akan kami pergunakan," katanya.

Aturan baru bagi ASN Pemkab Garut itu tercantum dalam Surat Edaran Nomor 061.2/1347/org tentang Penetapan Jam Kerja Pada Bulan Ramadhan 1442 Hijriah bagi ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Garut.

Jumlah jam kerja efektif bagi instansi Pemkab Garut yang melaksanakan lima atau enam hari kerja selama Ramadhan minimal 32,50 jam per minggu.

Baca Juga: Timun Suri Jadi Incaran Warga Aceh Timur Saat Ramadhan

Dalam Surat Edaran itu disampaikan bahwa jam kerja untuk instansi yang melaksanakan lima hari kerja Senin-Kamis dimulai pukul 08.00 sampai 15.00, sedangkan hari kerja Jumat pulangnya lebih lambat 30 menit.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait