alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Kebiasaan Buruk saat Minum Teh, Bisa Picu Masalah Kesehatan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Minggu, 18 April 2021 | 14:18 WIB

4 Kebiasaan Buruk saat Minum Teh, Bisa Picu Masalah Kesehatan
Ilustrasi teh. (Unsplash/Joanna Kosinska)

Jika Anda suka minum teh dengan banyak gula, coba ubah kebiasaan tersebut demi kesehatan.

SuaraJabar.id - Banyak orang suka minum teh yang dikenal sebagai minuman menyehatkan. Manfaat teh pun cukup banyak, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga antioksidan.

Walau begitu, ada beberapa kebiasaan buruk saat minum teh yang malah bisa mengubah minuman ini menjadi tak menyehatkan. Melansir dari Eat This, berikut cara tak sehat minum teh, antara lain:

Kelamaan Menyeduh Teh

Ketika menyesap secangkir teh, jumlah rata-rata kafein yang akan Anda dapatkan berkisar antara 20 hingga 40 miligram (dibandingkan dengan secangkir kopi, yang memiliki sekitar 100 miligram). Hanya saja kalau tidak berhati-hati dengan lamanya waktu Anda menyeduh teh, kafein dalam cangkir Anda dapat meningkat secara signifikan.

Baca Juga: Ingin jadi Pribadi Lebih Baik? Mulai Sekarang Stop 5 Kebiasaan Buruk Ini

Kalau berencana mengurangi asupan kafein untuk kesehatan, pastikan untuk menghitung berapa lama Anda menyeduh teh agar kafein yang masuk ke tubuh tak terlalu banyak.

ilustrasi teko, teapot, ketel, minum teh [shutterstock]
ilustrasi minum teh [shutterstock]

Menambahkan Terlalu Banyak Gula

Menambahkan sedikit sesuatu yang manis ke dalam teh tidak akan merugikan Anda dalam jangka panjang. Walau begitu, jika Anda menambahkan terlalu banyak makanan manis ke dalam cangkir, teh bisa bisa dengan mudah berubah dari sehat menjadi tidak sehat.

Menambahkan Krimer atau Susu

Krimer atau susu merupakan bahan tambahan yang umum dicampur dalam teh. Campuran ini dapat menjadikan teh Anda mengandung lebih banyak kalori. Anda sebenarnya tetap boleh menambahkan sedikit krim ke dalam teh, tetapi pastikan untuk mengukurnya agar tidak kebanyakan kalori.

Baca Juga: Perkenalkan Red Matcha, Varian Baru Matcha yang Tak Lagi Berwarna Hijau

Teh Kemasan

Walau ada beberapa teh kemasan yang sehat, sebagian besar teh kemasan tinggi gula. Jadi, kalau berencana menikmati es teh yang menyegarkan dari toko, pastikan untuk memeriksa label nutrisinya supaya Anda tidak mengonsumsi asupan gula berlebih.  

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait