alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ada Subsidi Rp 500 Miliar Buat yang Belanja Online Baju Lebaran

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 06 Mei 2021 | 15:03 WIB

Ada Subsidi Rp 500 Miliar Buat yang Belanja Online Baju Lebaran
ILUSTRASI. Mix and match baju lebaran tahun sebelumnya (Suara.com/Adit Rianto)

Tidak hanya subsidi ongkir, para e-commerce dan asosiasi juga memberikan diskon khusus bagi masyarakat yang belanja online baju Lebaran dan kebutuhan lainnya.

SuaraJabar.id - Masyarakat didorong untuk berbelanja kebutuhan Lebaran seperti baju Lebaran secara online.

Hal ini untuk mencegah dan menghindari terjadinya kerumunan di pusat perbelanjaan seperti mal yang berisiko menyebabkan terjadinya penularan Covid-19.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan pemerintah memberi subsidi ongkos kirim (ongkir) bagi masyarakat yang membeli produk lokal di e-commerce. Pemberian subsidi ongkir telah dimulai Rabu (5/5/2021) malam.

Lutfi menjelaskan, pemberian subsidi ongkir ini untuk memacu konsumsi masyarakat. Dia menargetkan, transaksi hari belanja ini mencapai Rp 11,5 triliun.

Baca Juga: Ini Jadwal Keberangkatan Kereta Api dari Jakarta Selama Masa Larangan Mudik

"Idenya pada hari BBI, antara 5 Mei yang akan kita mulai hari ini, kick off program mulai 18.30 WIB sampai tanggal 13 Mei, ini juga ingin memacu produksi, terutama untuk barang-barang produksi Indonesia," ujar Lutfi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (5/5/2021).

Lutfi menuturkan, awalnya hanya pemerintah yang memberikan subsidi ongkir tersebut. Namun setelah berbincang, sebut Lutfi, para pelaku e-commerce dan asosiasi lainnya juga ikut berpartisipasi dalam subsidi ongkir ini.

"Untuk itu, 72 platform e-commerce atau PMSE ini bersama-sama dengan pemerintah sudah memberikan langsung oleh mereka sendiri yaitu subsidi ongkir sampai Rp 20.000," jelas dia.

Mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat ini menambahkan, tidak hanya subsidi ongkir, para e-commerce dan asosiasi juga memberikan diskon khusus bagi masyarakat.

"Ini sudah berjalan, jadi kalau teman-teman ingin mengakses ke loka-loka pasar tersebut, di halaman-halaman utama ada pengumuman untuk produksi barang-barang Indonesia diberikan subsidi ongkir sampai Rp 20 ribu. Ditambah juga dengan diskon-diskon lain agar memacu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia juga," ucap Lutfi.

Baca Juga: Kemenhub: Mobilitas Warga Naik Tiga Hari Jelang Larangan Mudik

Sebelumnya, pemerintah memberikan keringanan kembali bagi masyarakat. Terutama, untuk memudahkan belanja saat Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait