alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapal Perang Italia Pesanan Prabowo Bisa Lumat Kapal Selam dan Pesawat Tempur

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 17 Juni 2021 | 10:49 WIB

Kapal Perang Italia Pesanan Prabowo Bisa Lumat Kapal Selam dan Pesawat Tempur
Frigate jenis FREMM. Kementerian Pertahanan Indonesia memesan 6 kapal perang jenis ini untuk memperkuat arsenal TNI AL. [Hops.id/Fincantieri]

Kapal perang ini punya bekal sistem persenjataan untuk mendukung misinya.

SuaraJabar.id - Sebanyak 6 kapal perang jenis frigate FREMM buatan Italia yang dipesan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki mampu mengemban banyak misi. Di antaranya pertempuran laut, bawah laut dan melumpuhkan sasaran yang terbang di udara seperti peswat terbang maupun rudal.

Keenam fregat kelas FREMM (Fregat European Multi-Mission) lansiran produsen kapal Italia, Fincantieri yang dimodernisasi itu merupakan bagian dari 8 kapal perang yang bakal dibeli Indonesia.

Dua sisanya merupakan fregat bekas pakai Angkatan Laut Italia kelas Maestrale.

Kapal jenis ini merupakan fregat untuk berbagai misi, dibuat oleh perusahaan Italia, Fincantieri berkolaborasi dengan Naval Group. Kolaborasi ini membuat kapal fregat FREMM untuk Angkatan Laut Italia dan Angkatan Laut Prancis.

Baca Juga: Resmi! PA 212 Tak Dukung Prabowo di Pilpres 2024: Umat Islam Kecewa, Dia Sudah Selesai

Namun, dikutip dari laman Navalnews, kapal fregat FREMM yang dibuat Fincantieri lebih kompleks dibanding fregat yang dibikin untuk Angkatan Laut Prancis.

Sesuai namanya, figate ini mampu mengemban multi misi. Kapal fregat FREMM Ini jadi andalan dalam peperangan anti kapal selam, peperangan anti udara dan anti kapal.

Spesifikasi 6 FREMM yang bakal menjadi arsenal TNI AL sendiri hingga saat ini belum diketahui sfesifikasinya.

Namun secara umum, kapal fregat FREMM ini punya bobot 6700 ron dengan panjang bod kapal 144 meter, dan lebar 7,6 meter serta kecepatan tertinggi 27 knot. Kapal jenis ini punya jangakauan 6000 nautical mile.

Kapal perang ini punya bekal sistem persenjataan untuk mendukung misinya. Sistem pertahanan udara kapal ini dilengkapi dengan 16 cell rudal Aster 15 dan Aster 30 buatan MBDA.

Baca Juga: Kemenangan Italia atas Swiss Memakan Korban, Chiellini Cedera

Rudal Aster merupakan dasar program pertahanan udara angkatan laut dan angkatan darat di Eropa. Rudal Aster 15 untuk menyerang musuh jarak pendek hingga menengah sedangkan Rudal Aster 30 untuk jarak menengah hingga jauak jauh. Kedua rudal ini diluncurkan secara vertikal.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait