alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sering Muncul di Iklan, Hindari Kesalahan Penggunaan Skincare Berikut Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa Jum'at, 25 Juni 2021 | 09:26 WIB

Sering Muncul di Iklan, Hindari Kesalahan Penggunaan Skincare Berikut Ini
Ilustrasi pakai sheet mask. (Elements Envato)

Belum tentu benar, jangan hanya mengandalkan apa yang sering terlihat di iklan produk kecantikan.

SuaraJabar.id - Apa yang ditampilkan model iklan sering kali memang terlihat sangat meyakinkan. Begitu pula iklan produk skincare.

Sayangnya, apa terlihat di iklan belum tentu benar dan tepat, bahkan bisa berdampak buruk pada kulitmu.Jadi saat hendak mengaplikasikan produk skincare, ada baiknya tetap membaca instruksi yang tertera pada kemasan.

Melansir Yukepo.com, berikut beberapa kesalahan dalam penggunaan produk perawatan kulit yang sering terlihat di iklan.

Krim

Baca Juga: Bayam hingga Salmon, 6 Makanan Ini Bantu Cegah Keriput dan Garis Halus

Iklan sering kali menampilkan bagaimana seorang wanita mengaplikasikan banyak krim di wajahnya. Sebaiknya, jangan ditiru karena bisa membuat wajah tampak kusam.

Kamu pada dasarnya juga tidak harus mengoleskan krim secara merata di seluruh bagian wajah. Pada bagian tertentu, misalnya yang sudah memiliki garis halus atau keriput, kamu dapat mengaplikasikan lebih banyak krim. Sebaliknya, kamu disarankan menggunakan lebih sedikut krim pada T-zone karena area ini biasanya lebih berminyak. 

Ilustrasi perawatan wajah dengan krim wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah dengan krim wajah. (Shutterstock)

Clay mask

Clay mask  bisa menyerap kotoran, minyak, dan mengangkat sel kulit mati. Namun, perlu diketahui, sebaiknya jangan menggunakan clay mask dalam waktu lebih dari 10 menit. 

Jika diaplikasikan dalam waktu yang lama, produk ini malah akan menyerap kelembapan kulit. Akibatnya, kulit jadi semakin kering dan mungkin bakal lebih cepat muncul keriput.

Baca Juga: Meski Pandemi, Bisnis Sarian Skincare Mampu Raup Omzet Rp 400 Juta

Sheet mask

Kamu harus sabar dan hati-hati saat memakai sheet mask untuk memastikan seluruh area wajah sudah tertutup dengan rapi dan tidak ada bagian yang terlipat. Selain itu, jangan lupa membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan produk ini.

Jika wajahmu belum bersih, zat aktif pada masker tidak akan bisa terserap maksimal oleh kulit. Mirip clay mask, penggunaan sheet mask juga tak boleh terlalu lama, cukup 15-20 menit. 

Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)
Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Scrub

Barangkali ada yang berpendapat scrub harus punya partikel keras sehingga proses eksfoliasi bisa lebih optimal. Namun, sebenarnya scrub yang terlalu kasar malah membahayakan kesehatan kulit. Jika ingin mengangkat sel kulit mati secara optimal,  disarankan untuk menggunakan produk dengan kandungan acid.

Selain itu, jangan terlalu sering pakai scrub. Semakin sering kamu memakai scrub, wajah malah akan semakin berminyak. Cukup lakukan 2-3 kali dalam sepekan.

Under-eye patch

Jangan jangan mengambil dan memasang patch menggunakan tangan kosong dan jari-jari tanpa perantara seperti yang sering ditampilkan di iklan. Ini bisa menyebabkan essence pada patch terkontaminasi kuman ata zat lain yang menempel di tangan.

Selain itu, jangan terlalu menggunakan produk skincare satu ini. Cukup tempelkan selama 15-20 menit untuk membikin area bawah mata terasa lembap.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait