alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kebal Pandemi Covid-19, Pemuda Ini Bisa Raup Omzet Ratusan Juta per Bulan

Ari Syahril Ramadhan Senin, 02 Agustus 2021 | 11:49 WIB

Kebal Pandemi Covid-19, Pemuda Ini Bisa Raup Omzet Ratusan Juta per Bulan
Pengusaha perlengkapan outdoor asal Bandung Barat, Muhammad Risman Sobari. Di tengah banyaknya sektor bisnis yang lesu selama pandemi Covid-19, omzet Risman justru naik hingga 40 persen. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

"Pembeli pertama dari mancanegara itu dari Hongkong," ujar pengusaha muda Bandung Barat ini.

SuaraJabar.id - Menjamurnya bisnis perlengkapan outdoor tak menghalangi langkah Muhammad Risman Sobari untuk mencoba peruntungan di sana.

Pria berusia 23 tahun asal Desa Cihanjuang, Kecamatan Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu punya hobi naik gunung dan tergabung dalam komunitas pecinta alam semasa di sekolahnya.

Berangkat dari hobi itu, Risman kemudian mulai meliriknya sebagai peluang usaha ditahun 2015. Dengan modal sekitar Rp 1 juta, ia bersama sodaranya memproduksi hammock. Ia memberi nama produknya Monte Equipment.

"Pembeli pertama ketika awal merintis adalah komunitas yang memang sudah ada ruangnya," ujar Risman kepada Suara.com, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: Kondisi Pandemi Covid-19 Belum Aman, Epidemiolog Usul PPKM Diperpanjang Lagi

Jalan terang untuk meraih kesuksesan pun mulai terlihat dengan bisnis yang ia sukai. Ketika awal merintis, pria lulusan salah satu sekolah kejuruan di Kota Cimahi mendapat omzet sekitar Rp 30 juta setiap bulannya.

Pemasarannya lewat berbagai platform media sosial yang kemudian berkembang melalui development web. Bisnis peralatan outdoor pun mulai merambah pasar mancanegara tahun 2016.

"Pembeli pertama dari mancanegara itu dari Hongkong," ucap Risman.

Setahun kemudian, Monte Equipment mulai mengembangkan produknya. Bukan hanya hammock, ia pun memproduksi berbagai jenis tas, celana, kemeja hingga jaket.

Pasar ekspor ke berbagai negara pun kian terbuka. Produk Risman sampai ke pecinta peralatan outdoor seperti di Malaysia, Singapura, Amerika hingga berbagai negara di Eropa.

Baca Juga: Tetap Produktif Bikin Marcell Siahaan Tetap Waras di Tengah Pandemi

"Tahun 2019 akhir sudah bisa ekspor produk tas. Tahun 2020 kita sudah ekspor ke semua negara melalui website," ujar Risman.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait