alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dari Obrolan Warung Kopi, Roy Sukses Cuan Puluhan Juta dari Bisnis Strawberry

Suhardiman Sabtu, 07 Agustus 2021 | 15:45 WIB

Dari Obrolan Warung Kopi, Roy Sukses Cuan Puluhan Juta dari Bisnis Strawberry
M Roy Yudistira (44) tengah menunjukkan strawberry di kebunnya, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). [Suara.com/Ferry Bangkit Rizki]

Namun setelah dipanen sebulan ke depan, hasilnya ternyata cukup menjanjikan.

SuaraJabar.id - Muhammad Roy Yudistira memang baru seumur jagung menekuni bisnis bertani strawberry. Namun, pria berusia 44 tahun itu sudah kewalahan meladeni permintaan konsumen.

Bersama temannya, Roy sukses memanfaatkan lahan mati di Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi lahan yang produktif dan menghasilkan cuan puluhan juta setiap bulannya.

Kisah Roy bertani strawberry berawal dari sebuah obrolan santai dengan temannya di sebuah kedai kopi. Tercetulah topik untuk membuat sebuah tempat ngopi di lahan tidur yang tak terpakai.

"Awalnya karena hobi saya penggemar kopi, tiap hari ngopi bareng ada obrolan nyambung soal pertanian," ujar Roy, kepada Suara.com, Sabtu (7/8/2021).

Baca Juga: Irwansyah Kenang Ibunya Sosok yang Tak Pernah Marah

Sekitar tiga bulan lalu di lahan tidur yang dijadikan tempat ngopi itu, Roy dan temannya mencoba menanam strawberry. Namun setelah dipanen sebulan ke depan, hasilnya ternyata cukup menjanjikan.

Kala itu ada sekitar 3.200 bibit strawberry yang dibudidayakan di lahan seluas 25 tumbak dengan modal sekitar Rp 20 juta. Buahnya tumbuh cukup menjanjikan.

"Waktu itu dijual lewat temen. Karena kan baru coba-coba ketika itu. Waktu awal itu omzet sekitar Rp 300 ribu per hari," ucap Roy.

Setelah dirasa cukup menjanjikan, Roy serius dengan bisnisnya tersebut. Seiring berjalannya waktu, permintaan pasar kian meningkat.

Meski masih pandemi Covid-19 yang diikuti dengan kebijakan PPKM Level 4, ternyata kondisi tersebut sama sekali tak mempengaruhi bisnis strawberry milik Roy dan temannya.

Baca Juga: Tottenham Hotspur Tuntaskan Transfer Cristian Romero dari Atalanta

Bahkan dirinya tak bisa memenuhi permintaan konsumen. Dari 100 persen permintaan, sejauh ini ia baru sanggup memenuhi sekitar 10 persen pasokan strawberry. Sehingga untuk memenuhi permintaan itu, ia bekerjasama dengan petani lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait