facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jokowi Turunkan Harga Tes PCR, Ridwan Kamil: Kalau Bisa Gratis ya Gratis

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:55 WIB

Jokowi Turunkan Harga Tes PCR, Ridwan Kamil: Kalau Bisa Gratis ya Gratis
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil [Ist]

"Tapi jangan membebani rakyat. Di India saja bisa murah di bawah Rp 100 ribu kenapa kita kemarin-kemarin bisa Rp 900 ribu hingga Rp 1 juta," kata Ridwan Kamil.

SuaraJabar.id - Presiden Joko Widodo minta harga tes PCR diturunkan dengan ketentuan tak boleh lebih dari Rp 550 ribu.

Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku dirinya justru berharap tes PCR bisa digratiskan.

Hal ini kata Ridwan Kamil, agar penelusuran kasus Covid-19 bisa lebih baik karena orang yang diduga terpapar virus Corona bisa mengikuti tes secara gratis.

"Intinya saya mah kalau bisa gratis ya gratis. Tapi jangan membebani rakyat. Di India saja bisa murah di bawah Rp 100 ribu kenapa kita kemarin-kemarin bisa Rp 900 ribu hingga Rp 1 juta," kata Ridwan Kamil dikutip dari Ayobandung.com-jejaring Suara.com, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: Jokowi: kalau Pelajar Sudah Divaksin Silakan Belajar Tatap Muka

Namun untuk saat ini kata Ridwan Kamil, pihaknya akan mengevaluasi penurunan harga PCR tersebut. Ia berharap penyedia jasa tes PCR bisa mentaati keputusan tersebut.

"Dengan diturunkan Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu kita evaluasi dulu. Mudah-mudahan ditaati oleh pengelola dan memudahkan ikhtiar. Sampai suatu hari urusan pandemi ini mudah sekali sehingga kita bisa fokus ke hal lain," kata dia.

Khusus di Jabar, kata Ridwan Kamil, pihaknya akan melakukan monitoring dan berkeliling mengecek sampling terkait penurunan harga tes PCR.

"Mudah-mudahan ditaati penurunan harga PCR setengahnya. Suatu hari kita doakan ada sebuah upaya lebih mudah lagi," kata dia.

Baca Juga: Pelajar Curhat Minta Sekolah Tatap Muka, Jokowi: Tetap Pakai Masker Meski Sudah Divaksin

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait