alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ribuan Kendaraan Gagal Masuk Kota Bandung Sepanjang Akhir Pekan Kemarin

Ari Syahril Ramadhan Senin, 13 September 2021 | 17:16 WIB

Ribuan Kendaraan Gagal Masuk Kota Bandung Sepanjang Akhir Pekan Kemarin
Pelaksanaan kebijakan ganjil genap hari pertama di Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jumat (3/9/2021). [Suara.com/Cesar Yudistira]

Ganjil genap di Kota Bandung akan kembali dilaksanakan akhir pekan ini.

SuaraJabar.id - Ribuan kendaraan gagal memasuki Kota Bandung sepanjang akhir pekan kemarin. Mereka diputarbalikan oleh petugas yang bejaga di pos ganjil genap di 5 gerbang tol pintu masuk Kota bandung.

Dari catatan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, kendaraan yang terkena ganjil genap dan diputar balik oleh petugas berjumlah 4.518 kendaraan roda empat.

"Jadi total kendaraan dari 5 gate (tol) itu 19.670 yang diperiksa, yang diputarbalik 4.518," ujar Kabid Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara, dikutip dari Ayobandung.com-jejaring Suara.com, Senin (13/9/2021).

Ia menuturkan, kendaraan yang diperbolehkan melintas sebanyak 10.458 dan yang dikecualikan sebanyak 4.694 unit. Kendaraan yang dikecualikan yaitu ambulans, mobil dinas, mobil TNI, jasa marga, dan angkutan umum online atau konvensional.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Kota Bandung Diizinkan Buka Lagi, Tempat Hiburan Masih Gigit Jari

Asep mengatakan pelaksanaan ganjil genap kendaraan pada akhir pekan dijadwalkan akan kembali dilaksanakan pekan depan. Ganjil genap kendaraan dilaksanakan untuk meminimalisasi pergerakan kendaraan dan mobilitas masyarakat.

"Katanya ada (ganjil genap akhir pekan depan), kabarnya bakal dilanjut," katanya.

Sebelumnya, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan kebijakan ganjil genap kendaraan dilaksanakan untuk meminimalisasi mobilitas masyarakat di Kota Bandung.

Ia mengatakan, pada penerapan ganjil genap yang pertama berhasil menekan mobilitas kendaraan sebanyak 30 persen.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski kasus penyebaran Covid-19 di Bandung mengalami penurunan.

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan di Puncak Bogor, Kemenhub Kaji Pembatasan Penumpang

Ia menyebut saat ini Kota Bandung berada di zona kuning atau risiko penyebaran Covid-19 rendah.

Baca Juga

Berita Terkait