alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nasi Lengko, Lambang Kesederhanaan Khas Cirebon

Dythia Novianty Jum'at, 08 Oktober 2021 | 19:21 WIB

Nasi Lengko, Lambang Kesederhanaan Khas Cirebon
Nasi Lengko. [Wikipedia]

Nasi Lengko, salah satu bentuk ragam masakan tradisional Indonesia terkenal menggugah selera.

SuaraJabar.id - Nasi Lengko, salah satu bentuk ragam masakan tradisional Indonesia terkenal menggugah selera. Nasi Lengko, kuliner khas pesisir utara Jawa Barat ini cukup digemari masyarakat.

Nasi lengko merupakan adaptasi dari masakan China yang sudah terkenal kelezatannya. Menyajikan nasi lengko tidak perlu pergi ke Jawa Barat.

Tetapi anda bisa menyajikan masakan lezat ini sendiri. Bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit dan mudah didapatkan di pasar.

Seperti beras, tauge, kacang, kecap, tahu, tempe, mentimun, bawang goreng, serta daun kunci. Nasi lengko akan semakin nikmat dengan tambahan menu lain misalnya Sate Kambing atau Telur Dadar.

Baca Juga: PON Papua: Tekuk Tuan Rumah, Tim Voli Putri Jabar Maju ke Final

Untuk membuatnya, bahan yang disiapkan yakni, nasi putih, tahu, tempe, tauge, daun kunci, mentimun, bawang goreng, kecap, serta bumbu kacang. Semua bahan tersebut nantinya dicampur menjadi satu yang kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Penyajian yang sederhana ini bukan tanpa alasan, hidangan ini merupakan kreasi warga Cirebon untuk menyiasati kesulitan ekonomi yang terjadi pasca kemerdekaan.

Nasi Lengko H. Barno di Cirebon punya kelezatan legendaris. (Dok. Instagram/Kulinercirebon)
Nasi Lengko H. Barno di Cirebon punya kelezatan legendaris. (Dok. Instagram/Kulinercirebon)

Makanan ini menjadi santapan popular bagi masyarakat disaat itu.

Tak hanya di Cirebon saja, nasi lengko ternyata juga cukup terkenal di beberapa daerah sekitar pantai utara jawa, seperti Indramayu, Tegal dan juga Brebes.

Rasa yang khas dan sederhana ini membuat nasi lengko sarat akan protein nabati dan serat, serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan memiliki kandungan nutrisi lengkap, bergizi dan lezat rasanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Berharap BJB Sekuritas Dorong Minat Investasi Masyarakat

Untuk sarapan pagi, nasi lengko juga sangat di rekomendasikan untuk Anda, karena makanan ini sangat bergizi dan mampu meningkatkan daya konsentrasi serta mengontrol berat badan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait