alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Cara Mudah Cek KTP Online

Risna Halidi Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:28 WIB

5 Cara Mudah Cek KTP Online
ILUSTRASI e-KTP (Antara)

Cara cek KTP online cukup mudah karena langsung terintegrasi dengan database kependudukan di Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) pusat.

SuaraJabar.id - Cek KTP online. KTP elektronik atau E-KTP merupakan kartu kependudukan yang dikeluarkan pemerintah dan didukung sistem informasi yang lebih akurat dan aman.

Karena langsung terintegrasi dengan database kependudukan di Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) pusat. Sistem ini dibuat untuk mengurangi penyalahgunaan dengan memiliki lebih dari satu.

NIK bisa dicek keasliannya untuk mengetahui apakah nomor tersebut sudah terdaftar dalam pusat data kependudukan nasional atau belum. Biasanya ketika akan melakukan pengecekan harus datang ke kantor Dukcapil.

Namun, untuk sekarang hal tersebut bisa dilakukan secara online, seiring dengan kemajuan teknologi. Berikut cara cek KTP online.

Baca Juga: Mendagri Minta PKK Bergerak Agar Masyarakat Tak Lengah Terapkan Prokes

1.Cek NIK di Website
Langkah ini bisa dilakukan dengan masuk ke laman resmi https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/. Jika NIk sudah terdaftar, maka aka nada informasi terkait data pribadi secara lengkap seperti yang ada di dalam KTP.

2. Email
Cara cek KTP online selanjutnya melalui email. Apabila NIK sudah berhasil dicek, maka akan ada keterangan pada email balasan yang dikirimkan pada email. Balasan tersebut berupa informasi mengenai NIK yang sudah terdaftar atau belum.

3. Whatsapp
Cek KTP online juga bisa dilakukan melalui whatsapp. Cara ini dinilai sangat mudah dan cepat responnya disbanding menggunakan cara lainnya.

Melalui whatsapp, balasan akan didapat dalam hitungan menit saja. Untuk cara mengeceknya yakni ke nomor 081326912479. Untuk format pesannya, ketikan nama lengkap sesuai KTP, NIK, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota.

4. Call Center
Dengan menelpon call center Dukcapil, bisa mendapat jawaban saat itu juga tanpa perlu menunggu lama. Nomor call center Dukcapil yakni 1500-537.

Baca Juga: Lagi, Kemendagri Raih Penghargaan Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik 2021

5. Aplikasi Cek KTP Online
Cara cek KTP online yang terakhir melalui aplikasi cek KTP. Aplikasi ini bis
a dengan mengunggah aplikasi cek KTP terlebih dulu melalui PLaystore atau AppStore.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait