facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Tempat Wisata Bandung Paling Ramai saat Akhir Pekan, Layak Dikunjungi

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 05 November 2021 | 12:40 WIB

10 Tempat Wisata Bandung Paling Ramai saat Akhir Pekan, Layak Dikunjungi
Jalan Braga Bandung. (AyoBandung)

Berbagai nuansa wisata ada di daerah yang dikenal sebagai Kota Kembang. Mulai dari wisata alam, wahana permainan dan keluarga, serta wisata sejarah dan edukasi.

SuaraJabar.id - Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang favorit di Indonesia. Tempat wisata Bandung selalu menyuguhkan wisata yang menarik dan berkesan bagi pengunjungnya.

Berbagai nuansa wisata ada di daerah yang dikenal sebagai Kota Kembang. Mulai dari wisata alam, wahana permainan dan keluarga, serta wisata sejarah dan edukasi.

Tempat wisata itu cocok dikunjungi saat hari biasa maupun saat akhir pekan atau hari libur. Dengan alam yang indah serta orangnya yang ramah, hal itu berdampak pada tempat wisata Bandung yang ramai dikunjungi para wisatawan.

Berikut daftar tempat wisata Bandung yang bisa kamu kunjungi:

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Lembang yang Harus Kamu Kunjungi Musim Liburan Ini

1. Kawah Putih

Wisatawan berkunjung ke objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung. [Ayobandung.com/Eneng Reni Nura]
Wisatawan berkunjung ke objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung. [Ayobandung.com/Eneng Reni Nura]

Kawah putih merupakan wisata yang sudah terkenal sejak lama di Bandung. Wisata ini merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Pasir putih yang ada di kawasan ini akibat percampuran unsur belerang.

Air di danau ini bisa berubah sesuai dengan kadar belerang yang terkandung. Kawasan ini sering digunakan untuk pengambilan gambar sebuah film. Selain itu sering digunakan untuk objek lukis atau foto prewedding. Lokasinya ada di Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

2. Floating Market

Suasana di Floating market Lembang, Kabupaten Bandung Barat di libur akhir pekan panjang Paskah 2021, Sabtu (3/4/2021). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]
Suasana di Floating market Lembang, Kabupaten Bandung Barat di libur akhir pekan panjang Paskah 2021, Sabtu (3/4/2021). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Meski tempat wisata pasar apung ini sudah lama, namun masih saja ramai pengunjung. Terlebih saat ada ekspansi lahan dan memiliki banyak wahana menarik. Kamu akan melihat sejumlah stand makanan di atas perahu.

Baca Juga: 5 Wisata Purbalingga Terpopuler, Jalan-jalan ke Kota Curug Nikmati Air Tejun Terindah

Kawasan floating market dikelilingi pohon rindang dan hijau serta taman terbuka yang rapi. Di sini juga ada cafe yang berkonsep kekinian dan instagramable. Lokasinya ada di Jl. Grand Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

3. Taman Wisata Maribaya

Dulu Taman Wisata Maribaya memiliki kesan yang negatif. Namun sekarang telah diubah menjadi tempat wisata yang eksotis dan nyaman. Fasilitas yang ada berupa air terjun, kolam renang air panas, kebun bunga, tebing keraton dan lain-lain.

Ada juga Sky Bridge Tapak Halimun sepanjang 200 meter. Lokasinya tempat wisata ini ada di Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

4. Taman Begonia

Taman Begonia seringkali diposting oleh para netizen di sosial media karena keindahan tempatnya. Tempat ini memiliki landscape dengan bunga yang beraneka ragam dan berwarna-warni.

Tempat ini cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang suka dengan tanaman bunga. Lokasinya ada di Lembang, Jawa Barat.

5. De Ranch

De Ranch Megamendung. (Instagram/janjalanjofa88)
De Ranch Megamendung. (Instagram/janjalanjofa88)

De Ranch Lembang sangat cocok digunakan untuk wisata keluarga. Di sana kamu akan menikmati suasana western ala koboi yang asyik dan keren. Kamu bisa naik kuda dengan instruktur yang sudah terlatih. Selain itu terdapat sejumlah wahana permainan menarik untuk anak-anak. Lokasinya ada di Lembang, Bandung Barat.

6. Museum Geologi Bandung

Di Museum Geologi Bandung kamu akan melihat aneka replika fosil, batuan mineral, replika gunung berapi dan lain-lain. Selain berwisata, kamu juga akan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan.

Selain itu, kamu juga bisa mengenalkan hewan-hewan purba yang hidup di bumi ratusan juta tahun lalu kepada anak-anak. Lokasinya ada di Jl. Diponegoro, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

7. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan tempat untuk mengamati bintang. Bangunan ini berdiri sejak masa kolonial Belanda. Kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan tentang perbintangan di tempat yang digunakan untuk mengamati objek luar angkasa ini. Sebelum masuk, ada sejumlah prosedur administrasi yang harus kamu penuhi.

Tempat wisata ini dikelilingi kebun teh dan taman yang indah, bisa kamu nikmati bersama keluarga tercinta. Lokasinya ada di Jl. Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

8. Saung Angklung Mang Udjo

Di Saung Angklung Mang Udjo, kamu akan mengenal alat musik tradisional. Tempat ini merupakan edukasi budaya sekaligus mengenalkan kepada masyarakat tentang budaya nasional Indonesia. Saat ke sana, kamu akan disuguhkan banyak sekali pertunjukan seni yang menarik dan seru.

Di sana kamu juga akan menemukan kerajinan tangan dari bambu dan sejumlah instrumen musik yang terbuat dari bambu sebagai ciri khas kebudayaan Sunda, terutama angklung. Lokasinya ada di Jalan Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

9. Jalan Braga

Jalan Braga merupakan salah satu ikon Kota Bandung. Meski tidak terlalu panjang, namun memiliki nuansa retro yang sangat kental. Lokasi ini cocok bagi kamu yang suka dengan fotografi. Sebab di sekitar jalan ini ada bangunan era pertengahan yang cocok untuk dinikmati dan sebagai background foto.

Jika kamu berjalan di area ini, kamu akan merasakan sensasi berjalan di luar negeri. Meski hanya jalan, tapi tempat ini menggambarkan suasana menarik di Kota Bandung. Jalan ini berada di Kecamatan Sumur, Kota Bandung.

10. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota merupakan taman yang populer di Bandung yang lokasinya cukup strategis. Dulu kawasan ini hanya berisi pohon tua, kemudian diubah menjadi lokasi wisata taman yang keren.

Kamu bersama keluarga bisa bersantai di taman ini sembari menikmati sejumlah fasilitas yang ada. Kamu juga bisa jalan-jalan karena pemandangannya sangat menarik. Selain itu juga ada aliran sungai yang bisa digunakan untuk bermain. Lokasinya ada di Jl. Wastukecana No. 2 Babaka Ciamis, Sumur, Kota Bandung.

Demikian tempat wisata Bandung yang bisa kamu coba saat mengunjungi Bandung. Pastikan masuk destinasi prioritas liburanmu.

Kontributor : Muhammad Aris Munandar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait