alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Duh Salah Beli Barang, Ini Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Pebriansyah Ariefana Rabu, 24 November 2021 | 15:58 WIB

Duh Salah Beli Barang, Ini Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Dok: Shopeepay

Pembatalan instan merupakan pembatalan yang dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman tanpa menunggu respons penjual.

SuaraJabar.id - Saat berbelanja di marketplace Shopee terkadang ada beberapa kondisi yang mengharuskan pelanggan membatalkan pesanan. Jangan khawatir, kami akan bagikan cara membatalkan pesanan di Shopee. Shopee membagi pembatalan pesanan menjadi tiga kategori kendati cara batalkan pesanan Shopee ini melalui langkah-langkah yang sama.

Pembeli tidak dapat menentukan jenis pembatalan lantaran pengkategorian ini ditentukan oleh sistem. Shopee memiliki tiga jenis pembatalan yakni pembatalan instan, pembatalan noninstan, dan pembatalan otomatis.

Pembatalan instan merupakan pembatalan yang dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman tanpa menunggu respons penjual.

Dalam kasus ini pembeli langsung bisa klik Batalkan Pesanan. Kemudian, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis tanpa menunggu respons penjual.

Baca Juga: Tanpa Biaya Admin, Ini Cara Membayar Shopee PayLater

Syaratnya pembatalan dilakukan sebelum penjual mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi.

Pasar Segara. (Dok: Shopeepay)
Pasar Segara. (Dok: Shopeepay)

Pembatalan instan dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu satu jam setelah pembayaran terverifikasi selama penjual belum mengatur pengiriman untuk tipe layanan instant dan same day.

Sebaliknya, pembatalan noninstan dilakukan dengan menunggu respons penjual terlebih dahulu. Pembeli dapat membatalkan pesanan dengan klik Batalkan Pesanan setelah menunggu respons penjual dalam 1 x 24 jam. Apabila penjual tidak segera memberikan respons dalam waktu yang sudah ditentukan maka sistem akan melakukan pembatalan dalam 1 x 24 jam berikutnya.

Kendati demikian, penjual juga berhak menolak pengajuan pembatalan pesanan dan melanjutkan proses pengiriman. Pembatalan ini akan diberlakukan jika pembeli membatalkan pesanan lewat dari satu jam setelah pembayaran terverifikasi kendati penjual belum mengatur pengiriman khusus untuk tipe layanan instant, same day, JNE, Pos Kilat Khusus, dan Indah Logistik termasuk ongkos kirim dan pesanan preorder.

Terakhir, jenis pembatalan otomatis berlaku apabila terdapat tiga situasi berikut. Pertama, penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi dalam rentang waktu pengemasan yang diperbolehkan. Kedua, ketika penjual tidak masuk ke aplikasi Shopee selama tujuh hari sejak pembeli membayar pesanan. Ketiga, penjual tidak menyerahkan paket ke kurir yang melakukan pick up pesanan atau mengantarkan ke pelanggan.

Baca Juga: Tidak Ribet, Begini Cara Hapus Akun Shopee

Berikut cara membatalkan pesanan di Shopee:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee kemudian pilih Halaman Saya.
  2. Pilih opsi Belum Bayar/Dikemas atau Dikirim sesuai dengan proses dan posisi terakhir barangmu.
  3. Pilih produk/barang yang akan kamu batalkan.
  4. Klik Batalkan Pesanan dan pilih Ya.

Demikian cara membatalkan pesanan di Shopee.

(Nadia Lutfiana Mawarni)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait