alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi Lansia Masih Kurang dari 40 Persen, Kabupaten Cirebon Sandang PPKM Level 3

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 01 Desember 2021 | 05:00 WIB

Vaksinasi Lansia Masih Kurang dari 40 Persen, Kabupaten Cirebon Sandang PPKM Level 3
ILUSTRASI Vaksinasi Lansia. [Dok.ANTARA]

Pada saat evaluasi PPKM Jawa-Bali, vaksinasi bagi lansia di Kabupaten Cirebon, masih belum masuk kriteria untuk penurunan level.

SuaraJabar.id - Capaian vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia atau lansia di Kabupaten Cirebon masih kuran dari 40 persen.

Akibatnya, Kabupaten Cirebon menjadi salah satu dari dua daerah di Jawa Barat yang masih masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level 3.

"Vaksinasi lansia kita baru di angka 38,90 persen, pada saat evaluasi PPKM," kata Kepala Seksi Imunisasi dan Surveilans Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Dendi Hamdi di Cirebon, Selasa (30/11/2021) dikutip dari Antara.

Dendi mengatakan pada saat evaluasi PPKM Jawa-Bali, vaksinasi bagi lansia di Kabupaten Cirebon, masih belum masuk kriteria untuk penurunan level.

Baca Juga: Siap Kembangkan Vaksin untuk Tangkal Varian Omicron, BioNTech Kumpulkan Data

Padahal lanjut Dendi, pada hari yang sama capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia sudah berada diangka 40 persen lebih, namun belum dimasukkan, sehingga tidak masuk data saat evaluasi PPKM.

"Saat evaluasi PPKM Jawa-Bali, vaksinasi lansia sebenarnya sudah lebih dari 40 persen, namun belum kita laporkan," tuturnya.

Dendi menambahkan data per hari Selasa (30/11), capaian vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia (lansia) sudah mencapai 44,51 persen dari target sasaran 154.777 jiwa.

Saat ini lanjut Dendi, Kabupaten Cirebon memang masih masuk PPKM level 3 karena data yang dimasukkan ke pusat terlambat.

Namun ketika merujuk pada kriteria level PPKM, maka sesungguhnya Kabupaten Cirebon masuk level 2, mengingat semua persyaratan telah terpenuhi.

Baca Juga: Percepat Target, Pemkot Bandar Lampung Dirikan Sentra Vaksinasi COVID-19 di Lampu Merah

"Kalau untuk persyaratan turun level sudah terpenuhi semua, tinggal vaksinasinya saja yang telat memasukkan datanya," kata Dendi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait