facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mudah Banget, Ini 6 Cara Mengubah PDF ke Word dengan atau Tanpa Aplikasi

Risna Halidi Kamis, 02 Desember 2021 | 10:46 WIB

Mudah Banget, Ini 6 Cara Mengubah PDF ke Word dengan atau Tanpa Aplikasi
Ilustrasi file PDF. (Pixabay/ Denys Vitali)

Cara mengubah PDF ke Word, dijamin mudah banget!

SuaraJabar.id - Cara mengubah PDF ke Word. Bagi Anda mahasiswa atau pekerja kantoran yang kerap menggunakan komputer, pasti sudah tidak asing lagi dengan format file PDF dan Word.

Dua format file ini kerap digunakan dalam berbagai aktifitas seperti mengerjakan tugas, presentasi atau membuat laporan.

Dan ada kalanya kita menerima sebuah file namun formatnya tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Karena itu file tersebut harus diubah agar bisa diaplikasikan dalam pekerjaan kita. Misalnya file PDF yang harus diubah ke Word.

Cara mengubah PDF ke Word sebenarnya banyak. Kita bisa melakukannya di komputer, PC atau bahkan telepon seluler. Inilah yang akan kita bahas kali ini. Mari kita mulai.

Baca Juga: Cara Singkat Kirim File Lebih 100MB Lewat Aplikasi WhatsApp

Ilustrasi file PDF. (Pixabay)
Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

Cara mengubah PDF ke Word Tanpa Aplikasi

Mengubah file PDF ke Word, atau sebaliknya, tanpa aplikasi bisa dilakukan di berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, tablet atau telepon seluler.

Laman bersamatekno.com menulis, untuk melakukannya kita hanya memerlukan jaringan internet dan situs pengubah file pihak ketiga.

Di dunia maya tersedia banyak sekali situs-situs pengubah file gratis dan kita bisa memilih salah satunya.

1. Cara Mengubah PDF Ke Word Menggunakan ConvertOnlineFree.com

Baca Juga: Mudah Tanpa Aplikasi, Ini Cara Download MP3 atau YouTube MP3

ConvertOnlineFree.com adalah salah satu website pengubah file yang paling banyak digunakan orang. Website ini sudah tentu gratis, karena menyematkan kata "free" di dalam domainnya.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Website ini bisa digunakan di semua perangkat, mulai dari komputer, laptop hingga telepon seluler. Berikut adalah cara mengubah file melalui website ini.

  1. Buka https://convertonlinefree.com dengan menggunakan browser.
  2. Pada menu bagian atas, silahkan kamu pilih PDF to Word.
  3. Lihat agak kebawah, tekan “choose file”.
  4. Pilih file PDF yang akan diubah ke word.
  5. Selanjutnya, kamu pilih “convert” disebelah kanan kolom tadi.
  6. Tunggu proses selesai dan hasil akan otomatis disimpan di memori perangkat Anda.

Website ConvertOnlineFree.com juga bisa digunakan untuk mengubah file Word ke PDF. Tak hanya itu, website ini juga bisa digunakan untuk mengubah bermacam file, seperti TXT, image, dan lain-lain.

2. Cara Mengubah PDF Ke Word dengan IlovePDF.com

PDF to word. (Istimewa)
PDF to word. (Istimewa)

Website ini termasuk yang banyak digunakan orang yang ingin mengubah file. Dan hingga kini pengguna masih dibebaskah dari berbagai macam biaya, alias gratis.

Adapun cara mengubah pfd ke word menggunakan website IlovePDF.com adalah sebagai berikut.

  1. Buka browser andalan di perangkat Anda lalu buka situs https://www.ilovepdf.com.
  2. Pada tampilan awal yang muncul, pilih PDF to Word.
  3. Lanjutkan dengan tekan “select PDF file”.
  4. Pilih file yang akan diconvert.
  5. Pada kolom sebelah kanan bawah, Anda tekan “convert to Word” dan tunggu proses selesai.
  6. Jika sudah selesai, langkah terakhir kamu tekan “download Word”.
  7. File otomatis akan tersimpan di perangkat Anda.

Selain dua website di atas, masih ada lagi sejumlah website pengubah file gratis yang bisa Anda gunakan di internet.

Cara menggunakannya juga mudah dan tertera dengan jelas di dalam website tersebut. Anda tinggal mengikuti petunjuknya dan file PDF Anda langsung berubah ke Word. Sejumlah website pengubah file lainnya diantaranya adalah:

  • https://smallpdf.com
  • https://www.pdftoword.com
  • https://www.freepdfconvert.com
  • https://tools.pdf24.org
  • https://www.pdfwordconvert.com

Cara mengubah PDF ke Word dengan Aplikasi

Jika kita ingin mengubah file PDF ke Word tanpa aplikasi, itu artinya kita mengubahnya tanpa menggunakan jaringan internet atau secara offline. Dengan begini, maka kita harus menginstal aplikasi pengubah file-nya di perangkat kita, misalnya di komputer, laptop, notenook, tablet atau ponsel.

Nah, kita akan bahas sejumlah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah file PDF ke Word, beserta caranya.

1. Cara mengubah PDF ke Word dengan UniPDF

Ilustrasi Microsoft Word. (Pixabay/ Fatih)
Ilustrasi Microsoft Word. (Pixabay/ Fatih)

Laman carabimo.com menulis, UniPDF adalah sebuah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengubah file, diantaranya PDF, Word, Image dan juga Text. Aplikasi ini adalah salah satu yang termudah dan terbaik untuk mengubah file.

Kita bisa mendapatkannya dengan mengunduh secara online atau meng-copy dari teman yang suda menginstal aplikasi ini di perangkatnya.

Adapun cara mengubah PDF ke Word menggunakan UniPDF adalah sebagai berikut.

  1. Unduh softwarenya dari http://unipdf.com/download/ lalu install UniPDF di pc Anda.
  2. Kemudian jalankan, pilih tab settings dan pastikan pada Word Format yang terpilih adalah doc bukan rtf, jika belum ubah dulu menjadi doc lalu Save.
  3. Cari file yang akan kita ubah dengan cara klik tombol add atau drag and drop dari windows explorer.
  4. Setelah nama file, jumlah halaman (total pages) muncul pada list, pilih Word pada opsi Output Format seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
  5. Terakhir pilih tombol Convert dan tunggu sampai selesai. Untuk melihat hasilnya pilih Open output file path – OK.

Sebagai tambahan, jika ketika Anda menambah file PDF lalu kemudian tertulis "need password" atau total pages-nya kosong, maka bisa dipastikan file tersebut diproteksi, sehingga tida bisa diubah formatnya.

2. Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan Free PDF to Word Converter

Laman konyoha.com menulis, aplikasi Free PDF to Word Converter adalah alternatif terbaik bagi Anda yang ingin mengubah file PDF ke Word dengan menggunakan aplikasi pengubah file offline secara gratis.

Selain itu, aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni sekitar 4 Mb. jadi anda tak perlu khawatir kuota internet Anda habis ketika mengunduh aplikasi ini. Adapun cara mengubah PDF ke Word dengan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Buka http://www.free-pdf-to-word-converter.com/downloads/pdf-to-word-converter.exe dan Download aplikasi Free PDF to Word Converter.
  2. Setelah itu install seperti biasa.
  3. Jalankan aplikasinya, klik Select file untuk memilih file PDF yang ingin kamu convert dan klik Open. Setelah itu klik tombol Convert untuk memulai proses konversi.
  4. Tunggu proses konversi sampai selesai, biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Setelah proses selesai akan muncul sebuah pop-up, silakan klik Open file untuk membuka file atau Open folder untuk masuk ke lokasi file Word berada. Setelah menjalankan langkah-langkah di atas, maka proses selesai dan file Word siap Anda gunakan.

3. Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan Microsoft Office

Cara Mudah Mengedit PDF Secara Gratis. (Shutterstock)
PDF  (Shutterstock)

Selain menggunakan dua aplikasi di atas, mengubah file PDF ke Word juga bisa digunakan aplikasi Microsoft Office yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Namun dengan syarat, aplikasi Microsoft Office yang memiliki fitur ini adalah yang keluaran di atas tahun 2010. Jadi pastikan Microsoft Office yang tertanam di perangkat Anda adalah Microsoft Office 2013 atau 2016.

Adapun cara mengubah PDF ke Word menggunakan Microsoft Office adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word 2013 atau 2016 di komputer kamu.
  2. Pada halaman utama klik Open Other Documents.
  3. Cari di mana lokasi file PDF di komputer kamu dan klik Open.
  4. Kemudian akan muncul sebuah pop-up, klik saja Yes. Tunggu proses konversi selesai, lamanya proses tergantung dengan ukuran file PDF yang kamu buka.
  5. Jika selesai akan muncul dokumen PDF tadi dalam format Word. Sekarang kamu bisa mengedit dokumen tersebut lalu menyimpannya dalam format Word atau PDF.

4. Mengubah PDF ke Word Menggunakan Ponsel Android

Ilustrasi Android. [Andrekheren/Pixabay]
Ilustrasi Android. [Andrekheren/Pixabay]

Cara ini bisa dibilang cara yang paling mudah, karena tidak memerlukan perangkat dan software yang rumit. Cukup sebuah telepon seluler dan aplikasi PDF Conversion Suite yang tersedia gratis di Google Play Store. Adapun cara mengubahnya adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi PDF Converter langsung dari Google Play Store.
  2. Setelah itu jalankan aplikasinya, pilih menu Mengubah dari PDF ke Word, kemudian pilih tombol ‘tambah’ dan pilih tab PDF, lalu pilih file PDF yang akan kamu ubah ke Word,
  3. Selanjutnya pilih Word Document -> Masukkan nama file -> tekan OK.
  4. Akan muncul sebuah pop-up yang meminta kita untuk membeli versi premium, tekan saja Close karena kita akan menggunakan versi gratis saja.
  5. Tunggu proses Uploading sampai selesai, lamanya tergantung dengan ukuran file PDF yang kamu upload.
  6. Selesai, kini file PDF sudah berhasil dikonversi menjadi dokumen Microsoft Word. File akan tersimpan secara default di  folder: Documents -> Document Converter.

Itu tadi sejumlah langkah cara mengubah PDF ke Word dengan menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat dan membantu pekerjaan Anda sehari-hari.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait