alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wapres Ma'ruf Amin akan Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Hari Ini

Ari Syahril Ramadhan Sabtu, 04 Desember 2021 | 05:30 WIB

Wapres Ma'ruf Amin akan Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Hari Ini
Monumen Perjuangan Pahlawan COVID-19 di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. [ANTARA/Ajat Sudrajat]

Ada dua tugu besar yang menjulang. Pembangunannya didedikasikan kepada para tenaga kesehatan, relawan dan ASN yang meninggal setelah turut terlibat dalam penanganan pandemi.

SuaraJabar.id - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, dijadwalkan akan meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat di Jalan Japati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, disebut telah mengajukan permohonan agar Ma'ruf Amin bersedia hadir dalam acara tersebut.

“Berkaitan dengan hal tersebut kami berharap Bapak Wakil Presiden dapat berkenan meresmikan Monumen Pahlawan Covid -19 Jawa Barat," ungkap pria yang kerap disapa Kang Emil itu, Jumat (3/12/2021).

Diketahui, monumen tersebut masih berada di kawasan Monumen Perjuangan (Monju) Rakyat Jawa Barat, berdiri berhadapan-hadapan dengan Lapangan Gasibu.

Baca Juga: Jubir Pemerintah Jamin Kemudahan Akses Kesehatan Bagi Penyandang Disabilitas

Ada dua tugu besar yang menjulang. Pembangunannya didedikasikan kepada para tenaga kesehatan, relawan dan ASN yang meninggal setelah turut terlibat dalam penanganan pandemi. Nama mereka dipahat di dua sisi kiri dan kanan monumen itu.

Disebutkan, 291 nama yang akan tercatat di Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat, sebanyak 44 nakes di antaranya berstatus sebagai aparatur sipil negara.

Ridwan Kamil mengatakan, monumen itu secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk sama-sama merenungkan dan terus berupaya meminimalisasi kasus Covid-19 di Jabar.

"Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat sebagai simbol semangat bahwa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang menghargai pahlawannya, salah satunya adalah pahlawan saat pandemi," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kompleks Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Bandung atau Monju memiliki sebuah monumen baru. Di monumen itu, terukir 281 nama.

Baca Juga: Tiga Tokoh NU Desak Wapres Maruf Amin dan Jusuf Kalla Pertegas Kepastian Muktamar NU

Monumen yang terletak di seberang Lapangan Gasibu, tepatnya di bagian pintu masuk yang sudah direvitalisasi itu adalah Monumen Perjuangan Pahlawan COVID-19.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait