facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Menghitung Pendapatan YouTuber, Perhatikan 4 Hal Ini

Pebriansyah Ariefana Senin, 10 Januari 2022 | 18:19 WIB

Cara Menghitung Pendapatan YouTuber, Perhatikan 4 Hal Ini
Ilustrasi Youtuber / kreator Youtube (Pinterest)

Cara hitung pendapatan YouTuber dilihat berdasarkan jumlah tayangan, durasi video, subscriber, dan lamanya waktu menonton.

SuaraJabar.id - Cara menghitung pendapatan YouTuber. Hanya beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Cara hitung pendapatan YouTuber dilihat berdasarkan jumlah tayangan, durasi video, subscriber, dan lamanya waktu menonton.

Saat menghitung berdasarkan total biaya akuisisi (CPA), YouTube membayar 55% dari CPM Anda (biaya per 1.000 tayangan).

Rumus untuk perhitungan ini adalah CPM dikalikan 55 dan dibagi 100 (CPM x 55/100)

Baca Juga: Cara Monetisasi YouTube Agar Dapat Penghasilan Sebagai YouTuber

Oleh karena itu, jika CPM adalah 4 dolar, maka perhitungannya adalah 4 x 55/100 = 2,2 dolar (itulah BPA Anda). Sebanyak 2,2 dolar adalah angka yang akan dibayarkan YouTube untuk setiap 1.000 tampilan.

Ingatlah bahwa ini adalah nilai perkiraan dan semua saluran berbeda.

Untuk iklan Adsense, YouTube membayar 68 persen. Artinya, jika 100.000 pemirsa menonton salah satu video anda dan CPM Anda adalah 4 dolar per 1.000 penayangan, penghitungan penghasilan akan menjadi 4 x 100.000 dibagi dengan 1.000. Hasilnya menjadi 400 dolar. Dengan demikian 68 persen dari penayangan tersebut akan menghasilkan uang senilai 272 dolar Amerika Serikat.

Nominal ini menjadi jumlah yang cukup bagus, dengan mempertimbangkan bahwa nominal tersebut dapat dicapai hanya dari satu video, dan anda akan mendapatkan tampilan selamanya (tergantung pada niche) yang membuatnya terus menghasilkan.

Bayangkan jika anda memiliki 10 video lagi dengan jumlah penayangan yang sama. Kalikan saja 272 dolar Amerika Serikat x 10 dan anda akan mendapatkan 2.720 dolar Amerika Serikat untuk seluruh video dalam satu saluran.

Baca Juga: 6 Potret Terbaru Connell Twins, Youtuber Indonesia Ngaku Kaya Raya Berkat Onlyfans

YouTube adalah salah satu platform media sosial berbayar terbaik dan telah menjadi saluran pendapatan tambahan yang andal bagi banyak orang. Tak heran jika sekarang ini banyak orang yang beralih menjadi YouTuber atau konten kreator karena dianggap memiliki penghasilan menjanjikan. Lantas, bagaimana cara hitung pendapatan YouTuber? Begini ulasannya.

Seperti diketahui, dengan media sosial streaming video ini, uang dapat diperoleh dengan membuat konten dan membangun halaman anda hingga memenuhi syarat untuk bermitra, dan menerima penghasilan dari YouTube.

Demikian cara menghitung pendapatan YouTuber.

(Nadia Lutfiana Mawarni)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait