facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Ribuan Monyet Masuk ke Pemukiman Warga di Sumedang, 6 Desa Dijarah

Galih Prasetyo Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:00 WIB

Viral Ribuan Monyet Masuk ke Pemukiman Warga di Sumedang, 6 Desa Dijarah
Monyet liar yang meresahkan warga di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, masuk perangkap kandang jebak. [Ist]

"Kawanan monyet yang biasa menyerang dan merusak tanaman itu jumlahnya sangat banyak"

SuaraJabar.id - Ribuan monyet menjarah dan menyerang areal pertanian di enam desa wilayah Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat beberapa hari terakhir.  

Para petani dibuat resah dan marah namun tak berdaya dengan aksi kawanan monyet yang terus menerus merusak hampir seluruh wilayah areal pertanian hingga mereka mengalami kerugian yang tak sedikit hingga gagal panen. 

Berdasarkan informasi unggahan akun media sosial yang beredar salah satunya @seputarsumedang menyebutkan bahwa ke-enam desa yang di serang kawanan monyet itu adalah Desa Sukawening, Desa Dayeuhluhur, Desa Tanjunghurip, Desa Ganeas, Desa Sukaluyu, dan Desa Cikoneng dimana keseluruhannya mengalami gagal tanam.  

Kawanan monyet yang menjarah keenam wilayah desa tersebut tak hanya menimbulkan kerusakan pertanian juga berujung pada gagal panen.  

Baca Juga: Bule di Bali Ini Sepiring Berdua Dengan Monyet, Ajak Bersulang Minum Bir

Para kepala desa yang tak bisa berbuat banyak kemudian bergerak melaporkan serangan ribuan monyet ini kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA), dan anggota DPR RI Komisi IV wilayah pemilihan Sumedang dan Majalengka.  

Kepala Desa Sukawening, Bahim mengungkapkan bahwa kawanan monyet tersebut bahkan kini telah berani merambah memasuki pemukiman penduduk.  

"Serangan monyet di perkebunan warga kami memang malah semakin parah, bahkan akhir akhir ini kawanan monyet itu sampai berani masuk ke pemukiman penduduk, " kata Bahim,  Jumat ( 14/1/2022). 

Pihaknya mengatakan bahwa kawanan monyet itu selalu menyerang dengan jumlah ratusan bahkan ribuan ekor.  

"Banyak sekali, makanya para pemilik kebun tidak bisa berbuat banyak, soalnya kawanan monyet yang biasa menyerang dan merusak tanaman itu jumlahnya sangat banyak, " terangnya kemudian.  

Baca Juga: Shio Hari Ini, 31 Desember 2021: Tahun 2022 yang Penuh Karma Buat Monyet

Imbas dari serangan ini adalah gagalnya panen tanaman dan buah buahan milik para petani setempat.  

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait