facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

GT Gedebage Bandung Ditargetkan Beroperasi Akhir 2022

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 18 Februari 2022 | 06:00 WIB

GT Gedebage Bandung Ditargetkan Beroperasi Akhir 2022
Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna meninjau kawasan GT keluar Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/2/2022). [ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung]

Dampak itu akan dirasakan oleh masyarakat Kota Bandung yang ada di sekitar Ujungberung, Cibiru, Arcamanik, Cibiru, dan Margahayu yang akan menuju ke Jakarta, atau sebaliknya.

SuaraJabar.id - Gerbang Tol (GT) keluar di Kilometer 149 Tol Purbaleunyi yang berada di kawasan Gedebage akan dioperasikan pada akhir 2022.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengaku yakin target tersebut bakal terealisasi karena beberapa syarat pembangunan yang sebelumnya belum rampung, sekarang telah selesai.

"Kira-kira tahun ini bisa direalisasikan karena beberapa hal yang diminta untuk diselesaikan itu sudah beres sekarang, seperti amdal dan lalin (lalu lintas)," kata Ema saat meninjau lokasi GT keluar Gedebage, Kota Bandung, Kamis (17/2/2022) dikutip dari Antara.

Meski menurut Ema proyek tol itu bukan hal yang mendesak, namun manfaat jangka panjangnya akan sangat terasa oleh masyarakat.

Baca Juga: Kota Bandung Catatkan 16 Kasus Kematian akibat COVID-19 Sepanjang 2022, Mayoritas Belum Divaksin

Khususnya, kata dia, dampak itu akan dirasakan oleh masyarakat Kota Bandung yang ada di sekitar Ujungberung, Cibiru, Arcamanik, Cibiru, dan Margahayu yang akan menuju ke Jakarta, atau sebaliknya.

"Maka, saya pikir ini sangat logis jika pembangunannya dipercepat dari yang ada sekarang ke exit tol Gedebage Selatan yang tersambung dengan perempatan Soekarno-Hatta," paparnya.

Namun, menurutnya ada beberapa kendala yang perlu dibenahi demi mempercepat aktivasi exit tol Kilometer 149 itu. Salah satunya adalah pembebasan lahan dan pelebaran jalan di Gedebage Selatan.

"Memang harus ada pembebasan lahan untuk perluasan jalan exit tol ini. Hanya saya pikir, kalau kita bicara standar jalan, idealnya di 14 meter ya," kata dia.

Baca Juga: Persija Umumkan Perubahan Jadwal di Tiga Laga Terakhir Seri 4 BRI Liga 1, Termasuk Lawan Persib Bandung

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait