facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadwal Imsak Bandung Hari Ini, Jumat 8 April 2022

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 08 April 2022 | 02:00 WIB

Jadwal Imsak Bandung Hari Ini, Jumat 8 April 2022
ILUSTRASI - Jadwal imsak, salat dan buka puasa Bandung [pixabay]

Selamat menjalankan ibadah puasa di hari keenam bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

SuaraJabar.id - Puasa di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah memasuki hari keenam pada Jumat (7/4/2022) ini.

Berikut jadwal imsak Bandung dan sekitarnya dikutip dari laman Kementerian Agama RI.

Imsak: 04.27 WIB
Subuh: 04.37 WIB
Terbit: 05.45 WIB
Duha: 06.16 WIB
Zuhur: 11.55 WIB
Ashar: 15.12 WIB
Magrib: 17.59 WIB
Isya: 19.04 WIB

Selama bulan suci Ramadhan ada baiknya kita menambah amal dan doa. Salah satu doa yang bisa diamalkan adalah “Doa Selamat Lawan Tolak Bala.”

Baca Juga: Jadwal Sholat dan Imsak Banyuwangi Jumat 8 April 2022

Dikutip dari Islam.NU.or.id, lafal doa ini berisi permohonan keselamatan kepada Allah daripada segala bencana dan ujian di dunia, serta siksa di akhirat.

Doa ini sering kita dengar dari orang-orang tua seusai shalat di mushala dan di masjid atau pada pembacaan tahlil di Jakarta.

Adapun lafal doanya adalah sebagai berikut:

Allhummaftah lan abwbal khair, wa abwbal barakah, wa abwban ni‘mah, wa abwbar rizqi, wa abwbal quwwah, wa abwbas shihhah, wa abwbas salmah, wa abwbal ‘fiyah, wa abwbal jannah. Allhumma ‘fin min kulli bal’id duny wa ‘adzbil khirah, washrif ‘ann bi haqqil Qur’nil ‘azhm wa nabiyyikal karm syarrad duny wa ‘adzbal khirah. Ghafarallhu lan wa lahum bi rahmatika y arhamar rhimn. Subhna rabbika rabbil ‘izzati ‘an m yashifn, wa salmun ‘alal mursaln, walhamdulillhi rabbil ‘lamn.

“Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 55-56).

Baca Juga: Jadwal Sholat dan Imsak Malang Jumat 8 April 2022

Lafal doa ini dapat dibaca pada setiap selesai shalat lima waktu. Semoga Allah memberikan keselamatan kepada kita semua baik di dunia maupun di akhirat. Amn. Wallahu a‘lam.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait