Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Resmikan Situ Ciburuy di Padalarang, Ridwan Kamil Kasih Peringatan Tegas Soal Pencemaran Lingkungan

Galih Prasetyo Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:38 WIB

Resmikan Situ Ciburuy di Padalarang, Ridwan Kamil Kasih Peringatan Tegas Soal Pencemaran Lingkungan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bersama Istrinya Atalia Praratya yang Didamapingi Irfan Hakim Beserta Plt Bupati Bandung Barat Sonya Fatmala Serta Istrinya Sonya Fatmala Saat Menghadiri Peresmian Situ Ciburuy di Bandung Barat pada Sabtu (13/8/2022) (Suara.com/Ferry Bangkit)

"Saya beri peringatan kalau tiga bulan. Kalau masih nakal, dengan tegas konsep Citarum akan dipraktikan di sini,"

SuaraJabar.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan wajah baru Situ Ciburuy di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Sabtu (13/8/2022).

Ia menghadiri langsung peresmian Situ Ciburuy usai direvitalisasi sejak tahun 2019. Ridwan Kamil didampingi istri Atalia Praratya. Selain itu, hadir juga Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan serta artis Irfan Hakim.

"Saya sudah rindu ke sini makan ikan (di Situ Ciburuy). Mudah-mudahan sekarang lebih baik dan lebih nyaman," kata Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil meminta agar kawasan Situ Ciburuy menjadi rest area atau tempat istirahat bagi pelaku perjalanan baik yang mengarah dari Cianjur dan sekitatnya menuju Bandung maupun sebaliknya.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Kalau Andalkan Pemerintah, Kecepatan Membangun Mungkin Hanya 40 KM Per Jam

"Saya titip ke Pak Hengky, ini harus jadi rest area. Jadi yang dari Cianjur ke Bandung atau Bandung ke Jakarta lewat Cianjur kuliner, sehat dulu (di Situ Ciburuy)," ujar Ridwan Kamil.

Situ Ciburuy yang kini dilengkapi bangunan-bangunan seperti area restoran, dermaga serta berbagai fasilitas lainnnya mulai direvitalisasi sejak tahun 2019 dan samping tahun 2022. Anggaran yang digunakan mencapai sekitar Rp 32 miliar lebih.

Kawasan Situ Ciburuy mencapai sekitar 41 hektare lebih, yang bisa menampung debit air hingga 1,2 juta kubik. "Anggarannya Rp 32 miliar, dilakukan di dua tahun anggaran," ucap Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil mengingatkan masyarakat agar tidak mencemari air Situ Ciburuy. Sebab ia masih mendapat laporan adanya masyarakat maupun industri yang kerap membuang limbah ke Situ Ciburuy.

Kang Emil, sapaannya, mengintruksikan pihak terkait untuk melakukan pengawasan. Apabila masih ada warga maupun industri yang nakal, Ridwan Kamil mengamcam akan menempuh jalur hukum.

Baca Juga: Ridwan Kamil Wacanakan Lumbung Digital untuk Desa se-Jawa Barat

"Saya beri peringatan kalau tiga bulan. Kalau masih nakal, dengan tegas konsep Citarum akan dipraktikan di sini. Di Citarum ada 60 yang sudah dihukum di pengadilan," tegas Ridwan Kamil.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait