Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Prabowo Subianto dan AHY Paling Disukai Warga Tiktok, Surya Paloh Tak Terdeteksi

Galih Prasetyo Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:48 WIB

Prabowo Subianto dan AHY Paling Disukai Warga Tiktok, Surya Paloh Tak Terdeteksi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) menyampaikan pidato kebangsaan saat deklarasi koalisi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam Rapimnas Gerindra di SICC, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym]

"Pada periode pantau yang sama, hanya Prabowo dan AHY paling banyak ditonton warga Tiktok,"

SuaraJabar.id - Dua ketua umum (Ketum) partai politik di Indonesia jelang Pemilu 2024 menurut salah satu perusahaan digital monitoring dan analisis platform paling disukai oleh warga Tiktok.

Menurut Dudy Rudianto, founder Evello, hal itu terlihat dari periode 1 sampai 10 Agustus 2022. Menurut Dudy, dari sembilan konten ketum Partai, hanya ketum Gerindra, Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), ketum Demokrat yang disukai oleh warga Tiktok.

"Pada periode pantau yang sama, hanya Prabowo dan AHY paling banyak ditonton warga Tiktok dengan jumlah tayang mencapai 2.579.647 penayangan untuk AHY dan 1.741.114 penayangan," tutur Dudy dalam keterangannya seperti dikutip Wartaekonomi--jaringan Suara.com

Jumlah itu, mengalahkan konten ketua umum Parpol lainnya, seperti Zulkifli Hasan dengan 80.446 penayangan, 8.898 penayangan untuk Airlangga Hartarto, 1.692 penayangan untuk Muhaimin Iskandar, dan Megawati Soekarnoputri 908 penayangan.

Baca Juga: AHY Minta Kader Demokrat Panaskan Mesin Partai untuk Menang di Pemilu 2024

Sementara petinggi partai politik lainnya seperti Suharso Monoarfa, Surya Paloh, dan Salim Segaf Aljufri tidak terdeteksi ditonton oleh warga Tiktok.

"Dari pantauan yang kita dapat, video Prabowo diunduh sebanyak 3.471 kali oleh warga Tiktok. Menyusul video AHY telah diunduh sebanyak 2.313 kali unduhan. Sementara Ketum PAN Zulkifli Hasan diunduh hanya 41 kali oleh warga Tiktok,"

Ditambahkannya, Prabowo dan AHY juga unggul banyak dalam hal mendorong warga Tiktok untuk berbagi video. Dari penelusuran sebaran video Tiktok ke aplikasi berkomunikasi WhatsApp, Prabowo telah disebarkan sebanyak 1.350 kali dan AHY 1.102 kali sebaran ke WhatsApp.

Dudy menjelaskan, dalam hal keramaian percakapan, ternyata warga Tiktok lebih ramai berkomentar pada video-video AHY dibandingkan Prabowo.

"Jumlah percakapan seputar AHY mencapai 6.701 komentar, sementara Prabowo 1.649 percakapan," ungkapnya.

Baca Juga: Siap Bertempur! AHY Panaskan Mesin Demokrat

Analisis lebih lanjut yang dilakukan Evello, menyebut akun-akun yang mengunggah video Airlangga Hartarto dan Megawati Soekarnoputri memiliki kredibilitas yang baik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait