Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ajaib! Circle Stone di Tasikmalaya Ini Bisa Bikin Gadget Akses Internet meski tanpa Kuota

Ari Syahril Ramadhan Senin, 15 Agustus 2022 | 07:27 WIB

Ajaib! Circle Stone di Tasikmalaya Ini Bisa Bikin Gadget Akses Internet meski tanpa Kuota
Circle stone atau Batu Melingkar di Tasikmlalaya yang memiliki banyak keunikan. [HR Online]

"Coba kita buktikan ke sana (Batu Melingkar) buka HP langsung buka Whatsapp terus video call di sana," ujar Anton Charliyan.

SuaraJabar.id - Mantan Kapolda Jabar, Anton Charliyan memaparkan keunikan dari batu melingkar atau circle stone yang ditemukannya dari hasil penggalian.

Circle stone yang berada di di Desa Jahiang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya itu kata dia bisa membuat gadget terhubung ke internet walaupun tanpa kuota atau WiFi.

“Awalnya kita gali sekitar 9 bulan, ketika digali ketemulah Circle Stone atau batu yang melingkar-lingkar, ketika ditemukan ada suatu keanehan,” Kata Abah Anton Charliyan, tokoh Sunda Jawa Barat saat ditemui di rumahnya, Minggu (14/8/2022).

Mantan Kapolda Jabar ini menjelaskan keanehan Batu Melingkar. Pertama, meski berada di dalam hutan, Handy Talky (HT) yang biasanya menjangkau jarak 1,5 Km justru bisa terjangkau jika berada di dekat Batu Melingkar tersebut.

Baca Juga: Mobil Listrik di Indonesia Belum Ramah Lingkungan, Sumber Listriknya Masih Batu Bara

“Pertamanya Salawu dengan Galunggung Batu Mahpar itu jaraknya 20 Km tetapi HT bisa terjangkau. Bahkan ketika tanpa sengaja HT tersebut berbunyi begitu dijawab ternyata dari Ciremai Palutungan. Padahal Palutungan itu hampir 100 Km lebih jaraknya,” katanya.

Keanehan kedua, lanjut Anton, saat berada di dekat Batu Melingkar, HP bisa nyambung ke internet padahal tidak ada kuota apalagi WiFi.

“Begitu juga dengan HP. Coba di rumah saja, kalau pakai Whatsapp itu pasti pakai Internet WiFi atau kuota. Coba kita buktikan ke sana (Batu Melingkar) buka HP langsung buka Whatsapp terus video call di sana. Sinyalnya juga full tidak perlu pakai WiFi atau kuota,” jelasnya.

Anton menuturkan, perlu ada penelitian khusus terkait keberadaan Batu Melingkar di Tasikmalaya tersebut.

“Amerika saja salah satunya itu dengan membuka Bukit Algoritma. Sehingga di sana ada Facebook, Google di bukit Algoritma. Nah kita justru sudah disediakan, ini kan kekayaan alam yang luar biasa,” katanya.

Baca Juga: Bareskrim Polri Tetapkan Istri Mantan Menteri ATR/BPN Tersangka Penggelapan Saham

Anton juga mengaku sudah menawarkan kepada Telkom agar membangun tower di dekat Batu Melingkar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait