Warga Sempat Kesurupan saat Polisi Temukan Jelangkung di Rumah Kosong Depok

Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah
Warga Sempat Kesurupan saat Polisi Temukan Jelangkung di Rumah Kosong Depok
Rumah jalangkung. (Suara.com/Novian)

Tak lama, kata Yadi, datang Tim Jaguar Polresta Depok yang menghampiri rumah kosong.

SuaraJabar.id - Meski sudah tidak asing lagi dengan suara-suara aneh di sekitar rumah kosong Jalan Tole Iskandar, Sukamaju, Cilodong, Depok tempat penemuan jelangkung, Yadi justru tertegun saat mendengar suara perempuan berteriak meminta tolong.

Teriakan perempuan itu, kata Yadi, bukan seperti suara-suara aneh yang biasa ia dengar. Ia menduga suara kali ini benar adanya dan bersumber dari seorang wanita yang hendak meminta tolong lantaran terjadi peristiwa kejahatan.

"Kalau suara mah, emang saya sering dengar. Tapi saya mah enggak mau ngomong, takutnya entar dibilangnya nakut-nakutin atau gimana gitu. Biasanya saya tiap malem di sini kan. Kalau teriakan minta tolong, yang semalam itu aja karena beda," kata Yadi ditemui Suara.com, Rabu (27/3/2019).

Yadi yang sedang berada tak jauh dari rumah kosong di  itu lantas bergegas mendekati sumber suara. Saat ditelusuri teriakan itu muncul dari rumah kosong, namun terhenti sesampainya Yadi di lokasi.

"Ada suara orang minta tolong. 'Tolong, tolong!' Saya pikir di sebelah sini. Pas lihat gak ada orang. Tapi lama-lama suaranya ke situ, ke sebelah, (tapi) enggak ada juga. Lah tahunya malah ke rumah kosong. Ya saya iseng [takut]," tutur Yadi.

Sadar rumah yang telah kosong selama lima tahun itu dalam kondisi gelap dan tidak ada orang, Yadi tak ambil risiko untuk masuk ke dalam seorang diri. Tak lama kemudian ada seorang pengendara sepeda motor melintas dan dihentikan oleh Yadi untuk sama-sama mengecek ke sumber suara.

Namun Yadi juga tak langsung masuk ke dalam rumah, melainkan ke arah belakang dari sisi yang lain. Tak lama, kata Yadi, datang Tim Jaguar Polresta Depok yang menghampiri rumah kosong.

"Nah orang itu turun, masuk. Nah, pas masuk, saya tinggal ke bawah ke tempat Bang Usup, biar pada ke atas semua itu, biar tahu. Pas saya balik lagi, enggak lama sudah banyak polisi," kata Yadi.

Selanjutnya Tim Jaguar pun melakukan penggeledahan di rumah kosong dan didapati benda-benda klenik hingga jelangkung. Bahkan diketahui saat penggeledahan berlangsung, ada seorang yang mengalami kesurupan di rumah kosong.

"Ya, kesurupan begitu, gimana sih. Kaya orang (kerasukan) macan, merangkang. Saya lihat sih gitu. Tapi enggak lama langsung disadarin, ada orang yang bisa (menyembuhkan)," ujar Yadi.

Diketahui, rumah kosong itu sempat didatangi tim Jaguar Polresta Depok karena warga sempat mendengar adanya jeritan suara wanita yang meminta tolong. Namun, polisi tak menemukan satu orang pun ketika mendatangi rumah kosong tersebut pada Selasa (26/3/2019) kemarin.

Namun, dari hasil penggeledahan, polisi hanya menemukan benda-benda klenik seperti dupa, jelangkung dan kain kafan.

"Ketika mengecek bersama warga yang melapor, kita temukan semacam jelangkung yang dikasih foto perempuan dan dipakaikan kerudung, dupa pembakaran menyan pemanggil setan, dan kain kafan," kata Kepala Tim Jaguar Polresta Depok Iptu Winam Agus di Mapolres Depok.

Menurutnya, alasan polisi mendatangi rumah tersebut untuk membuktikan tidak ada hal-hal yang mistis seperti yang diceritakan banyak orang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS