Tertibkan PKL yang Nekat Jualan di Trotoar, Satpol PP: Sudah Sering Ditegur

Dwi Bowo Raharjo
Tertibkan PKL yang Nekat Jualan di Trotoar, Satpol PP: Sudah Sering Ditegur
Penertiban PKL di Jalan Proklamasi, Depok, Jawa Barat. (Suara.com/Supriyadi)

"Kami paham dan tahu kalau julan di badan jalan dan trotoar dilarang, tapi harusnya ada pemberitahuan terlebih dulu."

Suara.com - Puluhan gerobak dan lapak pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Raya Proklamasi, Depok II Tengah, Sukmajaya, Jawa Barat ditertibkan petugas Satpol PP Kota Depok, Jawa Barat Kamis (25/4/2019). Para pedagang terpaksa ditindak karena nekat berjualan di trotoar.

"Kami sudah berulang kali mengingatkan dan meminta, menegur agar pedagang tidak membuka lapak di trotoar dan pinggir jalan, tapi tetap nekat, " kata Kepala Satpol PP Depok Lienda kepada wartawan.

Lienda menjelaskan, sekitar 30 lebih lapak milik pedagang yang ditertibkan dan diangkut paksa ke mobil petugas Tramtib Depok karena berdiri di trotoar dan pinggir jalan.

Ia kemudian mengimbau kepada seluruh pedagang untuk mentaati aturan, kalau badan jalan dan trotoar bukan tempat untuk jualan.

"Mereka harus masuk ke kawasan Pasar Agung, Depok II Tengah bukan membuka lapak di pinggir jalan yang tentunya mengganggu kenyamanan pejalan kaki maupun pengendara lain, " katanya.

Terkait penertiban PKL, salah satu pedagang pecel lele mengaku kaget dengan aksi penertiban dan mengangkut lapak jualannya. Arif mengklaim sejumlah pedagang tidak dapat surat pemberitahuan atau peringatan sebelumnya.

"Kami paham dan tahu kalau julan di badan jalan dan trotoar dilarang, tapi harusnya ada pemberitahuan terlebih dulu," kata Arif.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS