Tercatat 46.789 Warga Bekasi Ikut Program Jasa Marga Senin Diongkosin

Reky Kalumata
Tercatat 46.789 Warga Bekasi Ikut Program Jasa Marga Senin Diongkosin
Warga Bekasi mengantri di stasiun untuk masuk ke KRL Commuterline. (Suara.com/Mochamad Yacub Ardiansyah)

Program Jasa Marga tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat Bekasi

Suara.com - PT. Jasa Marga (Persero) sukses menggelar program Senin Diongkosin bagi warga Bekasi. Program tersebut dimulai sejak Maret 2019 dan berakhir pada, Senin (26/4/2019) lalu.

Selama itu, Jasa Marga mencatat telah menanggung ongkos 46.789 penumpang Transjakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline.

"Perinciannya untuk masing-masing moda transportasi adalah sebanyak 9.050 penumpang TransJakarta dan 37.739 penumpang KRL Commuterline," kata Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti dalam keterangannya di Bekasi, Kamis (2/5/2019).

Irra menjelaskan Senin Diongkosin merupakan program yang diselenggarakan khusus untuk warga Bekasi, terutama yang terdampak kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting akibat pembangunan sejumlah infrastruktur di sekitar wilayah tersebut secara bersamaan.

Dalam menyelenggarakan program Senin Diongkosin, Jasa Marga didukung oleh PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha Jasa Marga yang mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated yang merupakan salah satu proyek infrasturktur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

"Jasa Marga memulai program Senin Diongkosin untuk para pengguna TransJakarta di Halte Summarecon Bekasi untuk tujuan Tosari dan Tanjung Priok yang dilaksanakan sejak Senin (11/3/2019)," jelas dia.

Ia menegaskan, pada program 'Senin Diongkosin', para pengguna moda transportasi massal Bus TransJakarta tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, alias gratis, karena sudah ditanggung penuh oleh Jasa Marga.

Mendapat respon positif dari masyarakat, Jasa Marga memutuskan memperluas Program Senin Diongkosin. Terhitung sejak Senin (18/3/2019).

Saat itu, lanjut Irra, program serupa juga bisa dinikmati oleh warga Bekasi yang biasa menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) di tiga stasiun, yaitu Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Cikarang

"Bedanya, penumpang KRL di tiga stasiun pada jam-jam yang telah disebutkan di atas, mendapat cashback top-up Rp 10 ribu. Program ini hanya berlaku untuk pengguna KRL yang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). Mekanismenya, pengguna KRL harus melakukan top up saldo KMT di Loket Stasiun minimal Rp 20 ribu untuk mendapatkan bonus saldo Rp 10 ribu. Khusus untuk KRL, tarif yang ditanggung sebesar Rp 10 ribu merupakan perjalanan pulang-pergi penumpang di tiga stasiun wilayah Bekasi menuju Jakarta dengan asumsi terjauh tarif Rp 5 ribu/sekali jalan," papar Irra.

Program Senin Diongkosin baik untuk Transjakarta maupun KRL Commuterline berlaku setiap hari Senin sejak tanggal diberlakukan, pada jam padat yaitu, pukul 05.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB.

Kontributor : Mochamad Yacub Ardiansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS