Ini Alasan MDI Meyakini 1 Syawal 1440 H Jatuh Pada 4 Juni

Chandra Iswinarno
Ini Alasan MDI Meyakini 1 Syawal 1440 H Jatuh Pada 4 Juni
Jemaah Majelis Dirosah Islamiyyah (DMI) gelar Salat Id di halaman Kantor Kelurahan Depok Jaya, Selasa (4/6/2019) pagi. [Dok. Kelurahan Depok Jaya]

Ujang mengemukakan penentuan 1 Syawal 1440 Hijriah tersebut berdasarkan Rukyat Global.

Suara.com - Pembina Majelis Dirosah Islamiyyah (MDI) Kota Depok, Jawa Barat Ujang Furqon menjelaskan alasan pelaksanakan Salat Id pada Selasa (4/6/2019) pagi di kantor Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

MDI meyakini pada Selasa (4/6/2019) sudah memasuk 1 Syawal 1440 Hijriyah. Lebih lanjut, Ujang mengemukakan penentuan 1 Syawal 1440 Hijriah tersebut berdasarkan Rukyat Global.

Ia beralasan, jika satu wilayah sudah terlihat hilal maka di situlah hari raya.

"Di Arab Saudi dan negara -negara lain sudah menetapkan hari raya tanggal 4 Juni, karena bulan terlihat di sana," jelas Ujang kepada Suara.com ketika dihubungi.

Sebelumnya, ratusan warga Depok, Jawa Barat yang tergabung dalam MDI merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 pada Selasa (4/6/2019) pagi. Mereka menggelar Salat Id di halaman kantor Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Hal itu dibenarkan Lurah Depok Jaya Syaiful. Bahwa para jamaah dari salah satu majelis di Depok meminjam lahan kantor Kelurahan Depok Jaya untuk melaksanakan Salat Id.

"Dari MDI mereka izin untuk mengunakan lahan saja, itu disaksikan oleh aparat Polisi," kata Syaiful kepada Suara.com.

Terpisah, Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Roni Wowor membenarkan ada ratusan warga Depok Salat Id di halaman kantor Kelurahan Depok Jaya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS