Ini Rekayasa Lalu Lintas Lebaran Pintu Keluar Masuk Tol Jagorawi Depok

Chandra Iswinarno
Ini Rekayasa Lalu Lintas Lebaran Pintu Keluar Masuk Tol Jagorawi Depok
Jalan Tol Jagorawi II di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat. [Suara.com/Supriyadi]

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiarto mengatakan tujuan uji coba ini untuk mengurangi kepadatan arus yang ada di keluar pintu Tol Cisalak 3.

Suara.com - Rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas Kota Depok, Jawa Barat yang akan menggunakan Tol Jagorawi Sesi II mulai diberlakukan sejak Senin (3/6/2019).

Polresta Depok bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Jawa Barat dengan operator tol telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Bagi pengendara yang akan menggunakan tol tersebut diimbau masuk melalui pintu Gerbang Tol (GT) Margonda 1 dari Jalan Margonda dengan memutar balik di depan Dealer Toyota Jalan Margonda.

"Tol Margonda 1 ini untuk masuk Tol Jagorawi. Kemudian pada saat keluar pintu Tol Margonda II maka nanti akan kita arahkan ke arah kiri nanti akan dibuka balik arah di depan Pesona Square atau Juanda 2," kata Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiarto, Selasa (4/6/2019).

Didik mengemukakan, pihaknya akan melihat dampak dari arus lalu lintas saat ini. Apabila masuk ke Juanda 2 terjadi kepadatan maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas di depan pusat perbelanjaan Pesona Square, Jalan Juanda.

Kemudian untuk Gerbang Tol Kukusan, pihaknya akan melakukan penebalan pada titik-titik yang berpotensi terjadi kemacetan. Dia mengemukakan ada beberapa titik yang sudah diidentifikasi akan mengalami peningkatan arus lalu lintas.

"Nanti kita lihat titik kemacetannya ada di mana. Tapi anggota kami dan juga dishub sudah kita ploting di sana. Tentunya, setelah ini akan kita evaluasi dampak dari dibukanya uji coba pintu tol ini," jelasnya.

Didik mengatakan, tujuan uji coba ini untuk mengurangi kepadatan arus yang ada di keluar pintu Tol Cisalak 3.

"Memang menjelang hari raya titik kepadatannya cukup meningkat karena aktivitas pengemudi keluar dari Tol Cisalak cukup tinggi. Disamping arus dari arah Bogor menuju Jakarta maupun sebaliknya meningkat semua, sehingga terjadi kepadatan," ujarnya.

"Ini untuk memberikan pengurangan titik beban yang ada di pintu Tol Cisalak, tentunya kita lihat perkembangan dengan dibukanya pintu tol ini nanti titik macetnya dimana, namun sudah kita antisipasi, "

Berdasarkan data yang ada, sebanyak 28.831 kendaraan telah memasuki Tol Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi 2 sejak dibuka uji coba pada Senin 3 Juni 2019. Namun, kondisi itu terus menurun pada Selasa 4 Juni 2019.

Sementara itu, Staf Divisi Teknik Proyek Tol Cijago Imam Desetyansa mengungkapkan arus puncak mudik lebaran di Tol Cijago 1 terjadi pada Jumat (31/5/2019) dengan jumlah sebanyak 38.593 kendaraan.

"Kalau kemarin (seksi 2 fungsional) ada 28.831 kendaraan. Situasi lancar memang kalau menjelang hari H lalin agak menurun," katanya

Terkait uji coba fungsional Tol Cijago Seksi 2, Imam mengaku, pihaknya akan segera melakukan evaluasi.

"Tadi dari operasional masih evaluasi tetapi sampai hari ini masih lancar dan masih antisipasi apabila terdapat penumpukan di pintu keluar," ujarnya

Untuk diketahui, rencananya, tol yang membentang dari wilayah Depok hingga Jakarta, Bogor, dan Ciawi itu bakal difungsionalkan sampai dengan H+4 Lebaran.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS