Beroperasi Sementara, Truk dan Bus Dilarang Masuk Pintu Tol Kukusan Depok

Chandra Iswinarno
Beroperasi Sementara, Truk dan Bus Dilarang Masuk Pintu Tol Kukusan Depok
Rapat pengoperasian Tol Kukusan atau Cijago seksi Ii Kukusan Depok, Jawa Barat. [Suara.com/Supriyadi]

Pengoperasian Tol Cijago Seksi II juga untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran.

Suara.com - Pintu Tol Kukusan atau Cijago seksi II Kukusan di Kota Depok, Jawa Barat untuk sementra akan dioperasikan mulai tanggal 3 Juni 2019.

Menurut Kepala Dinas Perhubugan Depok (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan penggunaan fungsional sementara Jalan Tol Cijago seksi II yang membentang dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan saat ini masih dalam tahap masa uji coba selama seminggu.

"(Jalan Tol Cijago seksi II) dioperasikan hari ini Pukul 14.00 WIB, sementara karena masih uji coba selama 7 hari, H-2 hingga H+4 Idul Fitri. Lebaran, nanti ditutup kembali pada 9 Juni 2019 pukul 14.00. Nanti kami pasang rambu-rambu bus dan truk dilarang masuk hanya mobil sedang saja," kata Dadang kepada Suara.com, Senin (3/6/2019).

Dadang melanjutkan, pengoperasian Tol Cijago Seksi II juga untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran. Dikatakannya, dalam pengoperasian tersebut diundang pula pihak pengelola Tol Cijago, PT Trans Lingkar Kita Jaya untuk memberikan pemaparan terkait penggunaan sementara ruas tol tersebut.

"Kami undang Translingkar Kita Jaya untuk melakukan pemaparan. Rapat ini juga sesuai arahan Pak Wali Kota. Alhamdulillah direktur operasionalnya hadir dan koordinasi berjalan lancar," ujar Dadang.

Dalam rapat koordinasi tersebut Dishub memberikan beberapa masukan dan telah disepakati untuk dilaksanakan, yakni U-Turn Juanda 1 dari arah barat ditutup, sehingga semua kendaraan dari barat berputar di U-Turn Adikarya. Selain itu, Dishub Kota Depok juga meminta di Jalan Bungur, Kukusan dipasangi rambu larangan untuk bus melintas.

"Kami sudah sampaikan juga kondisi dampak kemacetan, ini harus diantisipasi. Mereka katakan ini hanya sementara untuk membantu kelancaran arus kendaraan selama lebaran," tutur Dadang.

Pihak Translingkar Kita Jaya, lanjut Dadang, juga sudah berkoordinasi dengan aparat Polresta Depok untuk antisipasi di Gate keluar Kukusan. Dishub juga akan siap mem-back up dengan personel yang ada jika dibutuhkan untuk mengatasi kemacetan yang mungkin timbul di ruas Jalan Bungur, Kukusan.

"Kami turunkan 250 personil Dishub Depok untuk mengamankan jalanyanya arus mudik Lebaran 1440 Hijriah.Tentu kami berkoordinasi dengan aparat Polisi dan TNI ," pungkasnya.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS