Arus Balik Lebaran di Terminal Jatijajar Depok Masih Landai

Chandra Iswinarno
Arus Balik Lebaran di Terminal Jatijajar Depok Masih Landai
Pemudik turun dari bus di Terminal Jatijajar Depok Jawa Barat. [Suara.com/Supriyadi].

Dari catatan Dudi, sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB hanya ada sebanyak 42 penumpang balik lebaran yang turun di terminal tersebut.

Suara.com - Situasi kedatangan penumpang arus balik lebaran tahun 2019 di Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat masih relatif sepi pada Senin (10/6/2019).

Kepala TU Terminal Jatijajar Dudi mengatakan jumlah tersebut menurun 10 persen dibandingkan dengan kedatangan pada H+3 atau Minggu (9/6/2019).

Dari catatan Dudi, sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB hanya ada sebanyak 42 penumpang balik lebaran yang turun di terminal tersebut.

"Nggak terlalu, beda jauh dengan kemarin. Dari Pukul 06.00 WIB sampai Pukul 12.00 WIB, jika dibandingkan dengan kedatangan kemarin cuma turun 10 persen. Biasanya, sore hingga malam mulai ramai," kata Dudi di Terminal Jatijajar.

Selain itu, Dudi mengeluhkan hampir semua perusahaan otobus (PO) yang beroperasi di Terminal Jatijajar enggan menyerahkan manifes penumpang dari titik pemberangkatan di daerah. Lantaran itu, pihaknya tidak mendapat data utuh berapa penumpang balik yang tiba di Depok selain yang turun di terminal.

"Hanya PO Agra yang mau menyerahkan manivest penumpang mereka, yang lainnya belum ada kesadaran. Padahal ini penting agar kami juga dapat mendata berapa penumpang yang turun di jalan dan di terminal," keluh Dudi.

Sejak H+1 hingga H+4 siang hari, ada sebanyak 1161 penumpang balik lebaran yang turun di terminal Jatijajar Depok. Menurut Dudi, penumpang balik lebaran masih akan terus berdatangan hingga H+7 nanti.

"Karena ini terminal baru, dan baru kali ini ngerasai mudik dan balik lebaran. Kita fokus ke pelayanan aja dulu, nanti pelan-pelan kita aja semua PO biar tertib manifes," jelasnya.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS