Sedang Salat Idul Adha, Jemaah di Depok Kocar-kacir Lihat Sapi Lepas

Dwi Bowo Raharjo
Sedang Salat Idul Adha, Jemaah di Depok Kocar-kacir Lihat Sapi Lepas
Sapi di Depok kabur dan lari ke tempat warga yang tengah melakukan salat ied. (Istimewa)

Jemaah pun terpaksa mengulang salat ied.

Suara.com - Jemaah di Masjid Jami Mazro’atul Akhiroh, Jalan Rawa Indah, Kecamatan Cipayung Depok, Jawa Barat dibuat tidak khusyu saat salat ied di Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Minggu (11/8/2019). Hal ini dikarenakan satu ekor sapi lepas dari ikatannya dan membuat jamaah lari kocar kacir.

Peristiwa itu terjadi pada pukul 06.30 WIB dan terekam CCTV masjid tersebut dan viral di media sosial. Pengakuan warga sekitar masjid Imam Solehudi mengatakan bahwa sapi itu tiba-tiba datang dan jemaah perempuan berteriak ada sapi lepas.

"Sontak semua jemaah kaget dan kocar-kacir adanya peristiwa sapi lepas. Salat jemaah itu sempat terhenti," kata Imam kepada Suara.com.

Tak lama berselang kata dia, jemaah langsung meneruskan salat Idul Adha.

"langsung lanjut salat lagi," ucapnya.

Secara terpisah, Hasan Basri, salah satu pengurus masjid menceritakan peristiwa itu terjadi saat sejumlah jemaah sedang melaksanakan salat ied. Ia mengatakan sapi itu hanya lewat saja dan menggangu salat Idul Adha. Ia menyebut bukan sapi ngamuk.

"Ketika jemaah sedang melaksanakan salat belum mencapai satu rakaat, sapi itu terlepas dari ikatannya di kandang, larinya ke arah jemaah secara otomatis jemaah panik terutama ibu-ibu,” kata Hasan.

Pra jemaah pun terpaksa mengulang salat ied, sedangkan sapi kurban berwarna putih itu akhirnya bisa diamankan oleh sejumlah warga lainnya.

Hasan mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Alhamdulillah jemaah selamat tidak ada yang terluka. Saat sapi itu lari sebagian jemaah anak-anak muda inisiatif mengejar untuk menangkap," pugkasnya.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS