Pemkot Bekasi Siapkan Anggaran Meubelair Sekolah Rp 11 Miliar

Chandra Iswinarno
Pemkot Bekasi Siapkan Anggaran Meubelair Sekolah Rp 11 Miliar
Suasana pengajaran di SDN 3 Pekayon Jaya Kota Bekasi, Jawa Barat. [Istimewa]

SDN 3 Pekayon Jaya merupakan salah satu sekolah yang akan diprioritaskan.

Suara.com - Persoalan masih adanya sekolah yang belum memiliki kursi dan meja untuk peserta didik di Kota Bekasi, Jawa Barat, tepatnya di SDN 3 Pekayon Jaya diakui dinas pendidikan setempat.

Lantaran itu, Pemkot Bekasi tengah menyiapkan pengadaan meubelair untuk sekolah negeri di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, SDN 3 Pekayon Jaya merupakan salah satu sekolah yang akan diprioritaskan.

"Masih dalam tahap pengadaan, tahun lalu kan kita enggak ada anggaran buat pengadaan meubelair, nah sekarang baru dibeli, SD Negeri 3 Pekayon jadi prioritas," ungkap Inay, Jumat (13/9/2019).

Adapun, kata Inayah, dalam APBD 2019 pengadaan meubelair di Kota Bekasi mencapai Rp 11 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk membeli Di antaranya, lemari kelas, white board, meja dan kursi siswa serta meja dan kursi guru.

"Anggarannya dibagi, untuk pembelian meubelair SD Negeri Rp 6 miliar dan Rp 5 miliar untuk pembelian meubelair SMP Negeri," jelas dia

Sebelumnya, Wali Kelas VI A SDN 3 Pekayon Jaya, Agus Herlan (50) mengatakan kondisi yang dialami sekolahnya itu sudah berjalan selama dua tahun.

Agus mengungkapkan jika pada tahun 2017 lalu, SDN 3 Pekayon Jaya telah dikunjungi oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Pihak sekolah pun telah menceritakan kondisi yang terjadi di sana. Hanya, sampai saat ini belum ada tindakan dari Pemerintah Kota Bekasi untuk penyediaan meubeler atau meja dan kursi.

"Meubeler tidak ada sejak renovasi sekolah," ungkap Agus.

Agus sendiri tidak mengetahui alasan apa yang menyebabkan selama dua tahun belakangan ini para siswanya harus belajar tanpa kelengkapan kursi dan meja.

"Ya kalau anak-anak sempat bertanya juga saat itu, orang tua murid juga mempertanyakan. Namun kan bukan kapasitas kami untuk memberikan keterangan," katanya.

Menurutnya, beberapa waktu silam juga pihak sekolah telah memberikan surat permohonan untuk penyediaan meubler di SDN 3 Pekayon Jaya.

"Biar anak-anak lebih nyaman belajarnya, karena kalau dengan duduk di lantai itu kan ya sering keram juga, jadi kurang konsentrasi," tuturnya.

Ia berharap dalam waktu dekat Pemerintah Kota Bekasi dapat segera merealisasikan pengajuan meubler di SDN 3 Pekayon Jaya.

"Ya harapan kami tentunya bisa jadi prioritas penyediaan meubler mas, ini kan untuk anak-anak kita belajar," katanya.

Kontributor : Mochamad Yacub Ardiansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS