Bangunan Madrasah Rusak Parah, Puluhan Siswa Terpaksa Belajar di Masjid

Chandra Iswinarno
Bangunan Madrasah Rusak Parah, Puluhan Siswa Terpaksa Belajar di Masjid
Gedung MD Miftahul Ihsan di Kampung Cilangkap, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi yang ambruk. [Sukabumiupdate.com]

Gedung madrasah tersebut ambruk pada Senin sore sekira pukul 16.30 WIB usai diterjang angin kencang.

SuaraJabar.id - Sudah seminggu terakhir, puluhan siswa Madrasah Diniyah (MD) Miftahul Insan di Kampung Cilangkap RT 09/02 Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi terpaksa belajar di masjid desa tersebut.

Mereka terpaksa melakukan kegiatan belajar mengajar di masjid yang tak jauh dari sekolahnya, lantaran bangunan tempat mereka menuntut ilmu ambruk pada Senin (4/11/2019) lalu. Gedung madrasah tersebut ambruk pada Senin sore sekira pukul 16.30 WIB usai diterjang angin kencang.

Kepala MD Miftahul Insan Bendi menjelaskan, sebelum gedung sekolah tersebut ambruk, terdapat banyak sekali retakan pascagempa yang mengguncang Sukabumi beberapa waktu silam.

"Kalau retaknya itu sudah dari bulan lalu akibat gempa. Kalau ambruk sudah satu minggu akibat angin kencang. Siswa MD semuanya ada 50, dan siswa PAUD ada 20. Sekarang terpaksa belajar di masjid karena gedungnya ambruk. Waktu kejadian itu anak-anak sedang istirahat, jadi tidak ada korban," kata Bendi kepada Sukabumiupdate.com-jaringan Suara.com, Selasa (12/11/2019).

Selain gedung, sejumlah peralatan dan perlengkapan penunjang kegiatan belajar mengajar di madrasah juga ikut rusak tertimpa reruntuhan dinding yang ambruk.

"Sudah kami laporkan ke pihak desa tapi belum ada tanggapan. Saya berharap pemerintah bisa membantu membangun kembali bangunan sekolah ini," tandasnya.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Yunus menambahkan MD Miftahul Ihsan ini dibangun sekitar tahun 2015 dan sudah dua kali mendapat perbaikan, yakni tahun 2016 dan 2018 dengan bantuan CSR PT Indonesia Power dan donatur masyarakat.

Ia menilai keberadaan MD Miftahul Ihsan sangat penting untuk pendidikan agama anak-anak di Kampung Cilangkap.

"Di sini, kalau anak-anak kecil mau sekolah PAUD dan MD jauh, jadi dibangunlah MD Miftahul Insan ini. Kami harap pemerintah bisa segera membantu perbaikan sekolah ini," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS