Beredar Kabar Bendung Katulampa akan Dibuka Malam Ini, Petugas: Hoaks Itu!

Chandra Iswinarno
Beredar Kabar Bendung Katulampa akan Dibuka Malam Ini, Petugas: Hoaks Itu!
Ilustrasi Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/1). [ANTARA FOTO/Arif Firmansyah]

Petugas Jaga Bendung Katulampa Muhamad Alwan menegaskan pesan berantai tersebut adalah bohong atau hoaks.

SuaraJabar.id - Sejumlah wilayah di Ibu Kota Jakarta sejak Selasa (25/2/2020) pagi hingga sore ini masih tergenang banjir. Banjir yang kesekian kalinya terjadi sejak awal tahun 2020 ini pun sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat.

Belum tuntasnya permasalahan tersebut, warga kini tengah diteror pesan berantai melalui aplikasi perpesanan yang menyebut jika limpasan air Sungai Ciliwung dari kawasan hulu (Puncak) di Bendung Katulampa akan dibuka.

Menanggapi hal tersebut, Petugas Jaga Bendung Katulampa Muhamad Alwan menegaskan pesan berantai tersebut adalah bohong atau hoaks.

"Bohong itu, hoaks," ucap Alwan saat dihubungi Suara.com pada Selasa (25/2/2020).

Alwan menjelaskan, masih ada segelintir masyarakat yang belum memahami perbedaan bendung dengan bendungan. Bendung Katulampa, lanjut Alwan, bukan pengatur debit air melainkan hanya pemantau.

"Bendung Katulampa bukan pengatur debit air. Memang ada pintu air tapi untuk aliran irigasi ke Kali Baru, bukan buka tutup semuanya. Jadi kita hanya memantau tinggi air Sungai Ciliwung dari hulu, beda dengan bendungan yang menampung air," bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat dapat lebih paham perihal fungsi Bendung Katulapa. Sementara, sampai saat ini ketinggian air Sungai Ciliwung masih bertahan 60 centimeter atau berstatus Siaga IV.

"Jangan mudah termakan kabar yang belum pasti, apalagi kabar seperti tadi itu memang sering terjadi ketika Jakarta sedang banjir. Kalau untuk Katulampa sekarang masih bertahan siaga IV ya."

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS