Besok, Masjid Raya Bandung Tidak Menggelar Salat Jumat

Chandra Iswinarno
Besok, Masjid Raya Bandung Tidak Menggelar Salat Jumat
Masjid Raya Bandung. [Suara.com/Emi La Palau]

Walau belum bisa digunakan untuk Salat Jumat, masyarakat bisa melaksanakan salat wajib lima waktu di masjid tersebut mulai Sabtu (6/6/2020).

SuaraJabar.id - Pengurus Masjid Raya Bandung memastikan tidak ada penyelenggaraan Salat Jumat yang akan dilaksanakan pada Jumat (5/6/2020).

Meski begitu, pelaksanaan Salat Jumat diprediksi bisa dilaksanakan di Masjid Raya Bandung pada minggu depan saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir dan angka penyebaran Covid-19 mengalami penurunan.

"Besok belum ada Salat Jumat, hanya Sabtu mulai dibuka salat wajib saja," ujar Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja seperti dilansir Ayobandung.com-jaringan Suara.com pada Kamis (4/6/2020).

Walau belum bisa digunakan untuk Salat Jumat, masyarakat bisa melaksanakan salat wajib lima waktu di masjid tersebut mulai Sabtu (6/6/2020). Dia mengemukakan, protokol kesehatan sebenarnya sudah siap untuk dijalankan di masjid tersebut.

Persiapan yang dilakukan DKM Masjid Raya Bandung yakni menyiapkan protokol kesehatan seperti tempat mencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh oleh petugas. Pintu masuk masjid dan kamar mandi juga akan dibuka kembali.

"InsyaAllah, Sabtu dibuka untuk publik dimulai dengan Salat Zuhur," katanya.

Meski begitu, dia berharap pelaksanaan Salat Zuhur pada Sabtu mendatang bisa memberikan gambaran pelaksanaan Salat Jumat serta kegiatan majelis taklim lainnya.

Diakui Muchtar, pada hari biasa jumlah jemaah di Masjid Raya Bandung bisa mencapai 1.000 orang. Sementara, pada akhir pekan mencapai dua hingga tiga ribu jemaah dan Salat Jumat bisa mencapai 13 ribu orang.

"Hari Sabtu mudah-mudahan prediksi tidak lebih dari 400 (orang)," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS