Banyak Anak Tak Pakai Masker, Ridwan Kamil Anjurkan Pakai Face Shield

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Banyak Anak Tak Pakai Masker, Ridwan Kamil Anjurkan Pakai Face Shield
Tumpukan face shield yang dijual di di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (11/6). [Suara.com/Alfian Winanto]

Ridwan Kamil prihatin dengan fenomena banyaknya anak yang tak memakai maskr saat bepergian, padahal anak masuk dalam kelompok rentan terinfeksi Covid-19

SuaraJabar.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau agar anak-anak yang ikut orang tuanya bepergian keluar rumah juga mengenakan masker. Jika tidak, Ridwan Kamil menganjurkan untuk menggunaka face shield.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil melalui akun Twitter miliknya @ridwankamil. Dari hasil monitoring, Ridwan Kamil sering kali menemukan anak-anak tidak memakai masker saat bepergian keluar rumah.

Padahal orang tua anak itu mengenakan masker. Kondisi anak-anak jadi terabaikan.

"Saya memonitor banyak sekali anak-anak tidak memakai masker dalam berkegiatan sementara orang tuanya bermasker," kata Ridwan Kamil seperti dikutip Suara.com, Senin (29/6/2020).

Ridwan Kamil menganjurkan orang tua juga memperhatikan kelengkapan protokol kesehatan bagi anak ketika keluar rumah, salah satunya dengan menggunakan masker. Namun, bila si anak tidak nyaman, Ridwan Kamil menganjurkan penggunaan masker digantikan dengan face shield.

"Jika anak-anak tidak nyaman, bisa pakai face shield," ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil imbau anak tak pakai masker bisa pakai face shield (Twitter/ridwankamil)
Ridwan Kamil imbau anak tak pakai masker bisa pakai face shield (Twitter/ridwankamil)

Ridwan Kamil menjelaskan, anak-anak masuk dalam kategori kelompok usia rentan terpapar Covid-19. Oleh karenanya, peralatan keamanan anak juga harus mendapatkan perhatian khusus.

Dalam cuitannya, Ridwan Kamil juga membagikan beberapa foto penggunaan face shield untuk anak. Saat ini, ada beragam model face shield untuk anak yang dilengkapi dengan motif lucu sehingga menarik minat anak.

Meski demikian, akun Twitter @bnpb_indonesia mengimbau untuk tetap menggunakan masker meskipun telah menggunakan face shield.

"Penggunaan face shield tanpa masker akan mengakibatkan sebagian droplet keluar dari mulut dan tetap bisa menularkan virus apabila ternyata tubuh kita memiliki virus dapat membahayakan orang lain di sekitar kita," tulisnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS