Indeks Terpopuler News Lifestyle

Besok Mulai Dilakukan Simulasi Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac di Bandung

Pebriansyah Ariefana Rabu, 05 Agustus 2020 | 13:45 WIB

Besok Mulai Dilakukan Simulasi Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac di Bandung
Puskesmas lokasi uji klinis Vaksin Corona Sinovac di Bandung. (Suara.com/Cesar)

Akan dilakukan penyuntikan sebanyak dua kali secara bertahap. Jangka waktu penyuntikannya, akan berselang waktu selama dua pekan.

SuaraJabar.id - Pertengahan Agustus 2020 ini, pemerintah akan melakukan uji klinis penyuntikan vaksin Covid-19. Pelaksanaannya, akan dilakukan di Kota Bandung. Dalam waktu dekat akan dilakukan simulasi uji klinis itu

Hal itu dinyatakan Manajer Lapangan Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac, Eddy Fadlyana. Eddy menjelaskan setelah itu akan dilakukan pelatihan tim medis yang melakukan uji klinis vaksin tersebut.

"Besok kan ada acara simulasi sama Sinova-nya, ada pelatihan training juga, nah tanggal 11 Agustus nanti, mulai pemeriksaan awal kesehatan. Semuanya lima kali kunjungan. Nanti akan di swab dulu, dan baru hari Jumatnya penyuntikan," kata Eddy saat dihubungi SuaraJabar.id, Rabu (5/8/2020).

Dalam uji klinis nanti, Eddy mengatakan akan dilakukan penyuntikan sebanyak dua kali secara bertahap. Jangka waktu penyuntikannya, akan berselang waktu selama dua pekan.

"Penyuntikannya dua kali, selang waktunya dua Minggu," kata dia.

Kepada seluruh relawan, Eddy mengatakan pihaknya akan melakukan pemantauan selama enam bulan kedepan. Jika didapati ada keluhan, pihaknya akan langsung menindaklanjuti.

"Kalau ada demam baru melaporkan, atau ada sakit. Mereka (relawan) juga tidak harus isolasi diri setelah penyuntikan vaksin," kata dia.

Sejauh ini ucap Eddy, sudah ada 600 orang yang mendaftar menjadi relawan. Mereka yang mendaftar rata-rata berusia 30 sampai 40 tahun.

"Untuk relawan yang Forkompinda, kita masih data gubernur (Ridwan Kamil) dan rombongannya, yang masih di data," katanya.

Pada pelaksanaannya, Eddy mengatakan pihaknya akan melakukan penyuntikan vaksin di salah satu ruangan khusus yang sudah di siapkan oleh setiap tempat uji vaksin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait