facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Olah Raga Otomotif Piala Menpora Bakal Berlangsung Akhir Pekan

RR Ukirsari Manggalani Kamis, 27 Agustus 2020 | 05:41 WIB

Dua Olah Raga Otomotif Piala Menpora  Bakal Berlangsung Akhir Pekan
Menjajal motor trail Honda CRF150L di medan offroad. Sebagai ilustrasi balap motocross [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Dua balapan digelar di Jawa Barat, Menpora berharap tidak terjadi cluster baru COVID-19.

SuaraJabar.id - Dua ajang otomotif roda dua atau R2 memperebutkan Piala Menpora 2020 siap digelar akhir pekan ini (29-30/8/2020). Masing-masing gelaran adalah Jabar Open Road Race Championship Subang (JORRCS), serta Jabar Open Motocross dan Grasstrack Championship Sumedang (JOMGCS).

Dikutip dari kantor berita Antara, acara dipentaskan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat atau IMI Jabar, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dua balap ini, yaitu JORRCS dan JOMGTXCS 2020 akan digelar sebanyak tiga putaran. Lokasi penyelenggaraan dipilih Subang dan Sumedang karena kedua tempat ini memiliki banyak komunitas balap road race, motocross, serta grasstrack.

JORRCS menggelar kelas utama Senior Perorangan dan Beregu, Underbone 150cc. Kemudian kelas utama junior Perorangan & Beregu, serta Underbone 125cc.

Baca Juga: Tips Berhenti Aman Bagi Pemotor Berpostur Mungil saat Main Motor Trail

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat melantik Chandra Bhakti sebagai sosok pengisi jabatan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (14/7/2020). [Dok Kemenpora]
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat melantik Chandra Bhakti sebagai sosok pengisi jabatan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (14/7/2020). [Dok Kemenpora]

Sedangkan JOMGTX terdiri dari kelas utama MX Perorangan & Beregu, MX2, Kelas utama MX Junior Perorangan & Beregu , SE 125cc, kelas utama GTX Senior Perorangan & Beregu, Trail UP TO 155cc. Kelas utama Junior Perorangan dan Beregu junior, Trail up to 155cc.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyambut hangat rencana penyelenggaraan kedua balap ini, sembari mengingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan harus dipatuhi. Jangan sampai menjadi cluster baru," imbau Zainudin Amali di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta.

Sedangkan Ketua Pengurus Provinsi IMI Jabar, Fachrul Sarman berharap agar penyelenggaraan kedua ajang ini mampu mendorong terciptanya iklim industri olahraga otomotif yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

"Lewat JORRCS dan JOMGTXCS 2020 dapat tercipta iklim kompetisi yang sehat serta menjadi barometer bagi pemilik tim, dan pembalap, juga menjadi media yang tepat bagi pemilik merek untuk mempromosikan produknya, sehingga tercipta industri olahraga otomotif kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Fachrul Sarman.

Baca Juga: HUT RI di Masa Pandemi, Menpora: Petugas Upacara Bendera di Istana Dibatasi

"Melalui JORRCS & JOMGTXCS 2020, Insya Allah akan menjadi salah satu bentuk pembinaan atlet muda di Indonesia, khususnya di Jabar lewat kompetisi dengan kelas utama junior. Dilihat dari kelas-kelas ini, event bisa disebut sebagai "road to PON dan PORDA 2021"," tambahnya lagi.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait