Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terpilih Jadi Venue Piala Dunia, Si Jalak Harupat Bersolek

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 24 September 2020 | 06:05 WIB

Terpilih Jadi Venue Piala Dunia, Si Jalak Harupat Bersolek
Foto udara Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (29/6/2020). PSSI telah menetapkan enam stadion termasuk Stadion Si Jalak Harupat sebagai tempat penyelenggaran Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia yang akan segera di revitalisasi sesuai dengan standar FIFA oleh Kementerian PUPR. [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp]

Tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya, sebab mereka bisa melihat aksi-aksi calon pemain bintang Eropa dari dekat.

SuaraJabar.id - Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung terpilih sebagai salah satu dari enam stadion penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021.

Selain SJH, ada lima stadion di Indonesia lainnya yang bakal menggelar laga Piala Dunia U-20 2021, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring menggantikan Stadion Mandala Krida Yogyakarta dan Stadion Pakansari Bogor yang sebelumnya sempat disebut sebelum PSSI berkomunikasi dengan FIFA.

Tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya, sebab mereka bisa melihat aksi-aksi calon pemain bintang Eropa dari dekat. Para pemain bintang Eropa yang berpotensi memperkuat negaranya seperti Takefusha Kubo (Jepang/Villareal), Ansu Fati (Spanyol/Barcelona), hingga Bukayo Saka (Inggris/Arsenal).

Stadion Si Jalak Harupat sendiri berlokasi di Desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Stadion berkapasitas 27.000 penonton ini dibangun pada 2003.

Dalam proses pembangunannya, Pemerintah Kabupaten Bandung mengeluarkan dana sebesar Rp67 miliar dan menjadikan stadion ini sebagai stadion termegah di Kabupaten Bandung.

Stadion Si Jalak Harupat juga menjadi saksi bisu perjalanan Persib Bandung dalam merebut juara Liga 1 Indonesia musim 2014. Namun lambat laun, kehadirannya sempat terpinggirkan oleh megahnya stadion baru di pusat Kota Bandung, yakni Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

GBLA kemudian menjadi markas baru Persib, sebelum akhirnya kembali ke rumah lamanya karena ada permasalahan antara pihak pengembang dan Pemkot Bandung sejak musim 2019 sampai sekarang.


Event Internasional
Stadion Si Jalak Harupat sempat beberapa kali direnovasi, tujuannya menyambut berbagai event nasional dan internasional. Pada 2018, Si Jalak Harupat dipilih sebagai salah satu stadion penyelenggara babak penyisihan sepak bola di Asian Games.

Kala itu, Si Jalak Harupat menjadi tuan rumah Grup E yang diisi oleh Kirgistan, Malaysia, Bahrain, dan Korea Selatan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait